Solo (ANTARA) - Tim tuan rumah Persis berhasil membekuk Barito Putera dengan skor 2-1, dalam pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Pada babak pertama, kedua tim menampilkan permainan menyerang untuk bisa membuahkan gol ke gawang lawan.

Persis pada menit 15 mendapat hadiah tendangan penalti setelah pemain nomor punggung 14, Sho Yamamoto, dijatuhkan di dalam kotak penalti Barito. Messidoro melakukan eksekusi tendang penalti dan berhasil gol sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Persis Solo.

Pada menit ke-28, Barito Putra berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tendangan Gustavo Tocantins dan bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, pertandingan kedua tim berjalan cukup ramai karena kedua kesebelasan terus saling menyerang untuk membuat gol ke gawang lawan. Persis yang mendapat dukungan ribuan penonton pendukungnya lebih penuh semangat untuk membuat gol ke gawang lawan.

Persis baru mampu menambah gol pada menit 67 melalui tendangan keras  Althaf Indhie Alrizky, setelah memanfaatkan umpan silang dari Messidoro, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Persis Solo.

Barito yang ketinggalan satu gol terus memberikan tekanan ke pertahanan Persis Solo, untuk menyamankan kedudukan. Namun, rapatnya pertahanan Persis sehingga masih sulit ditembus pemain Barito Putera.

Bahkan, Barito Putera terus melakukan serangan baik dari pemain sayap kanan maupun kiri tetapi rapatnya pertahanan Persis yang dikoordinir, Rian Miziar, sekalu kapten tim, sehingga belum mampu menyamakan kedudukan tetap 2-1 untuk tim tuan rumah.

Kedudukan 2-1 tetap bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan, Thoriq M. Alkatiri, meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir kedudukan tetap untuk Persis Solo. Wasit Thoriq M. Alkatiri dalam pertandingan tersebut juga mengeluarkan empat kartu kuning untuk Renan Alvis (Barito Putera), Ramadhan Sananta, Arapenta, dan Faqih (Persis Solo).

Baca juga: Persis Solo kalahkan PSM Makassar 1-0 

Sementara itu, Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan usai pertandingan mengatakan meskipun hasil timnya tidak baik, tetapi pihaknya mengucapkan banyak terima kasih karena mempunyai semangat yang baik dan terus berjuang melawan Persis.

"Saya juga mengapresiasi Persis yang memenangkan pertandingan melawan Barito. dan selamat. Namun, secara keseluruhan berjalan sangat alot dan saling menyerang. Timnya banyak kesempatan tetapi tidak bisa menjadi gol ke gawang lawan. Timnya ," kata Rahmad Darmawan.

Pelatih Persis Solo Milomir Seslija mengatakan Persis Solo bermain cerdas dan beradaptasi dengan situasi karena pada pertandingan sebelumnya timnya bermain melawan PSM Makassar hanya 10 pemain sehingga mengalami kelelahan secara fisik. Bukan hal yang mudah bermain dengan 10 pemain melawan Makassar.

Namun, pihaknya berterima kasih dengan para suporter yang telah menciptakan atmosfir yang luar biasa melawan Barito. Persis kemenangan yang baik melawan Barito sebelum memasuki bulan Ramadhan dan kemenangan ini menjadi berkah untuk semuanya.

"Selamat memasuki bulan Ramadhan dengan kemenangan timnya. Hal ini momen spesial bagi Persis memasuki bulan Ramadhan dan terima kasih kepada suporter yang membuat atmosfer yang luar biasa bagi timnya," katanya.

Baca juga: Barito Putera curi tiga poin dari kandang Dewa United

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024