Kediri (ANTARA) - Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) menggelar AFC Womens Football Day 2024 yang diikuti para pemain sepak bola wanita U-12 di Stadion Brawijaya Kediri, Jawa Timur.

Ketua Umum ASBWI Nadalsyah mengatakan festival ini adalah kesempatan yang baik untuk memberikan wadah bagi pemain sepak bola wanita yang berada di daerah, sehingga nantinya diharapkan akan muncul bintang masa depan Timnas Wanita Indonesia.

"Ini bagian dari peringatan Hari Perempuan Internasional 2024. Kami juga terima kasih ke AFC dan PSSI yang telah mempercayakan ASBWI untuk menggelar AFC Womens Football Day 2024," katanya di Kediri, Sabtu.

Ia juga menjelaskan, pemain yang terdaftar di kegiatan seperti ini akan tercatat secara digital ke dalam database ASBWI.

Baca juga: Striker timnas putri Indonesia Zahra Muzdalifah direkrut klub Jepang

Saat ini ASBWI mempunyai lebih dari 1.000 data pemain sepak bola wanita. Hal ini tidak terlepas dari kolaborasi dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia (PSSI). Sebab pembentukan ASBWI provinsi juga harus mendapatkan rekomendasi dari Asprov PSSI.

Kegiatan ini, kata dia, juga bagian dari dari rencana strategis untuk tim nasional wanita dari Indonesia bisa bermain di Piala Dunia 2035.

"Tentunya, Festival Sepak Bola U-12 juga merupakan bagian rangkaian dari rencana strategis ASBWI yang telah disinkronisasikan dengan PSSI menuju Timnas Wanita bermain di Piala Dunia 2035 dan Juara Piala Asia 2038," kata Nadalsyah.

Sekjen ASBWI Souraiya Farina menambahkan kegiatan ini diikuti 78 anak U-12 dari wilayah Jatim. Mereka dibagi menjadi enam tim.

Dirinya menambahkan, Kediri dijadikan sebagai lokasi festival ini sebab kota ini pernah menang dalam Piala Pertiwi, yakni Kejuaraan Nasional Sepak Bola Putri pada 2019.

Ia juga mengatakan, saat ini animo perempuan untuk ikut sepak bola wanita sudah tinggi. Sebelumnya, sepak bola wanita tidak begitu didengar atau wanita bermain sepak bola tidak begitu terdengar.

"Ini bagian dari pengembangan. Target PSSI bermain di Piala Dunia 2035. Kami targetkan range usia 8-12 tahun, jadi yang mengikuti ini masuk data base dan itu akan menjadi bagian dari menuju 2035," kata dia.

Sederet tokoh pegiat sepak bola turut hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Head of Departemen Teknik PSSI Papat Yunisal, Wakil Ketua Umum ASBWI Monica Desideria, hingga Souraiya Farina yang juga Sekjen ASBWI.

Selain itu, hadir juga perwakilan dari Pemkab Kediri, Pemkot Kediri, serta Askot PSSI Kediri.

Sebelumnya, pada 2023, kegiatan AFC Womens Football Day digelar di Semarang, Jawa Tengah. ASBWI sudah melaksanakan Festival U12 di berbagai daerah sejak tahun 2022, mulai dari Temanggung, Sidoarjo, DKI Jakarta, Semarang, hingga Banten.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar ASBWI untuk sepak bola wanita dari level grassroots yang akan bermuara ke tim nasional (Timnas).

Baca juga: ASBWI gelar Kongres Biasa 2023 untuk sinkronisasikan program PSSI

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024