Barcelona, Spanyol, (ANTARA/PRNewswire) - Yangtze Optical Fibre and Cable Joint Stock Limited Company ("YOFC"), pemimpin industri global pada segmen kabel serat optik dan solusi komprehensif, membuat pencapaian penting di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024 yang berlangsung pada 26 Februari lalu. Dengan tema "Connecting the Future with Fibre" (Menghubungkan Dunia dengan Serat Optik), YOFC menampilkan sejumlah perkembangan terkini dalam teknologi serat optik, serta menyajikan perspektif tentang perkembangan teknologi digital. MWC Barcelona 2024, mengusung tema "Future First", menghadirkan berbagai pemimpin industri dan pembuat terobosan yang memamerkan teknologi terkini, serta membahas arah masa depan digital. Sejumlah diskusi mengangkat topik-topik seperti fase perkembangan 5G mendatang, Artificial Intelligence of Things (AIoT), peran kecerdasan buatan (AI) yang memprioritaskan unsur manusia, kemajuan dalam manufaktur pintar, hingga merombak standar industri dan esensi dari jati diri manusia digital. Dengan mengikuti ajang ini, YOFC membuktikan komitmen sebagai pemimpin industri yang mengembangkan infrastruktur penting dalam era digital, serta merumuskan teknologi yang menghubungkan seluruh manusia.

Video tema YOFC untuk MWC Barcelona 2024

Setelah AI menggerakkan gelombang revolusi teknologi dan transformasi industri dunia, bahkan mengubah cara manusia bekerja, menjalani kehidupan, serta belajar, sebuah era baru pun terwujud, melibatkan interaksi manusia-mesin, integrasi tanpa batas, serta inovasi kolaboratif. Era pintar ini juga melahirkan teknologi dan aplikasi baru, mulai dari Extended Reality (XR) commerce dan glasses-free 3D visual hingga digital touch interface dan sistem terintegrasi yang memadukan tempat tinggal dengan alat transportasi. Setelah kemajuan ini tercapai, kecepatan internet yang lebih tinggi semakin dibutuhkan, dan jeda transmisi data harus diperpendek. Jaringan seluler diharapkan mampu mencapai kecepatan 10Gbps dan latensi dalam hitungan milidetik. Maka, jaringan serat optik yang bermutu tinggi sangat berperan untuk menjaga semua hal tetap terkoneksi dengan internet. Sejalan dengan layanan dan aplikasi teknologi pintar yang terus berkembang, serat optik komunikasi juga dituntut agar mampu mencapai kinerja yang lebih baik—kapasitas yang luar biasa, loss minimum, dan latensi serendah mungkin—dengan tujuan, infrastruktur digital dapat mendukung gelombang inovasi berikutnya.

ZHUANG Dan, Executive Director & President, YOFC, baru-baru ini membahas respons YOFC atas lonjakan kebutuhan infrastruktur jaringan yang berkecepatan tinggi, efisien, dan pintar. YOFC telah mengembangkan dan melansir seri produk i-Fibre, rangkaian solusi serat optik untuk era teknologi pintar, yang memiliki kapasitas sangat besar, loss minimal, latensi sangat rendah, fitur pengindraan (sensing) pintar sekaligus ramah lingkungan. Inovasi tersebut segera mendukung perkembangan infrastruktur pintar berskala global, serta mencerminkan kemajuan penting yang menopang potensi dunia pintar.

Serat optik G.654.E, komponen utama dalam portofolio trunk fibre generasi baru dari YOFC, menawarkan fitur unggulan dengan non-linearity dan atenuasi yang rendah. Mampu mendukung pita lebar berukuran besar dan latensi rendah dalam jarak jauh, serat optik ini dirancang khusus untuk infrastruktur jaringan mutakhir yang menangani lonjakan kebutuhan transmisi data pada era digital. Pelaku industri menilai serat optik ini sebagai produk pilihan untuk 400G, 800G, serta teknologi transmisi data ultra-high-speed yang mencapai kecepatan terabita-per-detik. Serat optik YOFC G.654.E telah digunakan di instalasi hingga hampir dua juta kilometer di seluruh dunia. Bahkan, serat optik ini menjadi unsur utama dalam infrastruktur jaringan milik China Mobile, China Telecom, China Unicom, dan State Grid, serta sukses diimplementasikan dalam sejumlah proyek di Filipina dan Brazil. Status YOFC sebagai pemimpin industri semakin bertambah kuat berkat pencapaian tersebut, serta membuktikan peran YOFC dalam membangun jaringan yang menghubungkan dunia.

Di sisi lain, YOFC selalu memimpin inovasi serat optik, mengandalkan laboratorium nasional untuk mengembangkan serat optik canggih yang merombak standar industri. Menurut Zhuang, serat optik tipe space division multiplexing (SDM) dan serat optik hollow-core akan menjadi masa depan teknologi serat optik.

Serat optik SDM, termasuk tipe multicore dan few-mode, berpotensi meningkatkan kapasitas komunikasi secara drastis, bahkan lebih besar 4-8 kali lipat dari serat optik biasa. Keahlian dalam memproduksi serat optik canggih ini secara massal, memakai material yang dirancang independen, metode produksi, serta alat pengetesan, menjadi daya saing YOFC. Lebih lagi, YOFC telah menjalankan uji coba dengan berkolaborasi bersama operator jaringan guna memvalidasi kepraktisan dan efisiensi dari teknologi tersebut. Sebagai salah satu perkembangan penting yang tercapai pada 2023, YOFC berhasil melakukan uji coba jaringan pertama di dunia yang memakai serat optik tipe 4-core dan 7-core lewat kerja sama dengan China Mobile Group Design Institute dan anak usaha China Mobile di Shandong. Uji coba ini merupakan lompatan besar dalam aplikasi dan penggunaan serat optik multicore yang segera menjadi terobosan di industri telekomunikasi berkat kapasitas dan kinerja yang luar biasa.

Teknologi serat optik hollow-core YOFC mengganti komponen glass core biasa yang terdapat pada serat optik dengan sebuah gas atau vakum, memakai udara untuk mengarahkan cahaya. Hasilnya, sebuah serat optik mengirim data dengan kecepatan yang lebih tinggi hingga 47% dari serat optik konvensional. Kinerja ini secara drastis mengurangi latensi dan meningkatkan kinerja jaringan, serta segera merombak efisiensi transmisi data. Kemampuan mengembangkan bahan baku serat optik hollow-core antiresonansi sepanjang kilometer turut membuktikan status YOFC sebagai pemimpin industri serat optik.

Sejak berdiri pada 1988, YOFC telah memproduksi dan menjual serat optik hingga lebih dari satu miliar kilometer. Maka, YOFC ikut mempercepat pembangunan jaringan komunikasi di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, YOFC telah menerapkan strategi global untuk memperluas jangkauan internasional. Zhuang, President, YOFC, memimpin YOFC di forum-forum internasional seperti MWC untuk memperlihatkan kemajuan teknologi yang telah tercapai, serta komitmen YOFC pada integrasi pasar global. Dengan mengikuti ajang terkemuka ini, YOFC ingin memperkuat statusnya sebagai pemimpin teknologi, serta mempelajari dan memenuhi kebutuhan klien pada tingkat dunia. Upaya YOFC dalam menghadirkan teknologi i-Fibre mutakhir ke segala penjuru dunia melambangkan komitmen untuk menutup kesenjangan digital, serta menjamin bahwa konektivitas pintar dapat diakses semua orang sehingga masyarakat bergerak menuju era teknologi pintar.

Related stocks: HongKong:6869 Shanghai:601869

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024