Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan dalam sepekan terakhir yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi akhir pekan Anda.

1. KPU Makassar umumkan 50 Caleg DPRD Kota terpilih

KPU Kota Makassar mengumumkan 50 orang calon legislatif terpilih setelah menyelesaikan rapat pleno terbuka ​​​​​rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 berlangsung selama delapan hari di dua tempat, yakni Hotel Grand Asia dan difinalkan di Aula Kantor KPU setempat, Jalan Perumnas Antang Raya, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terkait. Mewakili seluruh komisioner saya juga memohon maaf kepada teman-teman saksi, Bawaslu, ad hoc serta pihak pengamanan yang tetap setia bersama menyelesaikan rekap ini selama delapan hari," ujar Ketua KPU Makassar Hambaliie saat menutup rapat pleno rekapitulasi, Sabtu dini hari.

Selengkapnya klik di sini.

2. Presiden bertolak ke Melbourne hadiri KTT Khusus ASEAN-Australia

Presiden Joko Widodo bertolak ke Melbourne, Australia, Senin pagi, untuk menghadiri perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia 4-6 Maret 2024, yang merayakan 50 tahun hubungan kemitraan ASEAN dengan negara tersebut.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne, Australia untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia," ujar Presiden dalam keterangannya menjelang keberangkatan di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin

Selengkapnya klik di sini.

3. Empat caleg Dapil Kepri berpotensi lolos ke DPR

Empat calon anggota legislatif daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berpotensi lolos sebagai anggota DPR berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi setempat.

Hasil pleno DPR yang sudah disahkan KPU Kepri, empat caleg DPR peraih suara terbanyak berasal dari partai Gerindra, NasDem, Golkar, dan PDI-Perjuangan. Hal ini sesuai dengan jatah kursi DPR RI untuk dapil Kepri sebanyak empat kursi.

Selengkapnya klik di sini.

4. Iriana Jokowi buka Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia di Bogor

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin Wury Estu Handayani membuka Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia di Alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Iriana dan Wury hadir ditemani jajaran istri menteri Kabinet Indonesia Maju, salah satunya Annisa Pohan yang merupakan istri Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selengkapnya klik di sini.

5. Menanti hasil pendekatan gereja guna bebaskan pilot Philip

Belum sebulan dilantik, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto langsung bergerak mencari upaya terbaik untuk membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Langkah taktis memang diperlukan, sebab pilot asal Selandia Baru itu telah disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Februari 2023, sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Hadi di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Rabu (28/2), kemudian menjelaskan rencana pembebasan pilot Philip melalui pendekatan gereja. Pendekatan tersebut dipilih dengan mempertimbangkan mayoritas warga di Papua yang menganut agama Kristen dan Katolik.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024