Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan hadirnya tim-tim Liga 2 dari luar Pulau Jawa sebagai tim promosi di Liga 1 akan menambah semarak kompetisi tersebut pada musim depan.

"Selamat kepada tiga tim yang berhasil promosi. Ini menambah semarak liga karena tiga tim yang promosi mewakili wilayah di luar Jawa dengan wilayah pulau yang berbeda. Ini benar-benar liga Indonesia," ujar Erick Thohir dalam siaran resmi pada Minggu. 

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan hadirnya tiga tim dari Liga 2 yaitu Semen Padang, Malut United dan PSBS Biak yang ikut berkompetisi sebagai tim promosi di Liga 1 pada musim kompetisi 2024/2025.

Erick mengatakan, selama ini Liga Indonesia sudah dihuni banyak wakil dari Pulau Jawa, ditambah dua tim asal Kalimantan yakni Borneo dan Barito serta Bali United yang menjadi perwakilan Bali serta wakil Sulawesi yakni PSM Makassar.

Masuknya tim Semen Padang, Malut United, dan PSBS Biak, kata dia, membuat seluruh wilayah Indonesia pun terwakili dalam kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia.

"Seluruh perwakilan Indonesia sudah ada. Ini akan sangat menarik ditunggu kompetisinya," ujarnya.

Erick mengatakan, semakin banyak tim dari berbagai wilayah Indonesia akan semakin maksimal dalam mendorong pertumbuhan dan regenerasi pemain muda di setiap pulau.

Promosinya ketiga tim dari Liga 2 itu sekaligus menepis isu yang beredar bahwa kompetisi Liga 1 musim depan hanya ada satu tim yang menjalani promosi dan degradasi.

Ia menegaskan PSSI secara konsisten dan tegas dalam hal tata kelola sistem kompetisi sepak bola di Tanah Air.

"Jadi tegas, musim depan akan ada tiga tim yang promosi dan degradasi," pungkas Erick.

Baca juga: Erick: Maarten Paes baru bisa perkuat timnas pada Juni

Baca juga: PSSI targetkan Tom dan Ragnar angkat sumpah jadi WNI pada 13 Maret

Baca juga: Erick Thohir pastikan PSSI berjuang loloskan Timnas U-23 ke Olimpiade

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024