Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan meraih peringkat tertinggi calon legislatif (caleg) DPRD DKI Jakarta di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta 10, berdasarkan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024.

Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta 10 meliputi Kecamatan Palmerah, Tamansari, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk dan Kembangan Kotamadya Jakarta Barat.

Untuk di Dapil 10, berdasarkan keterangan pers yang disampaikan di Jakarta, Minggu, PDI Perjuangan menjuarai dengan meraih 146.559 suara. Lalu disusul PKS mengumpulkan 110.917 suara, diikuti Gerindra dengan 89.940 suara.

Posisi keempat ditempati oleh Nasdem dengan 71.105 suara. Dengan perolehan suara itu, PDI Perjuangan mendapatkan dua kursi DPRD DKI Jakarta Dapil 10.

Baca juga: KPU DKI lakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi

Dari data tersebut, tercatat Ima Mahdiah selaku caleg petahana dari PDI Perjuangan menempati suara terbanyak di Dapil 10 dengan meraup 28.479 suara.

Lalu di posisi kedua, diraih caleg petahana yang juga berasal dari PDI Perjuangan, yakni Hardiyanto Kenneth dengan 26.168 suara.

Disusul oleh caleg petahana lainnya seperti Jupiter dari NasDem, Abdul Azis (PKS), Yudha Permana (Gerindra), Wita Susilowaty 
(Demokrat) dan Husen dari PAN. Sedangkan lima lainnya merupakan para caleg pendatang baru.

Dengan demikian, caleg petahana PDI Perjuangan seperti Ima Mahdiah dan Hardiyanto Kenneth bersaing ketat untuk memperebutkan dua kursi DPRD DKI Jakarta.

Baca juga: KPU DKI targetkan rekapitulasi suara tingkat provinsi rampung 9 Maret

Dengan penerapan metode Sainte Lague, PDIP, PKS dan Gerindra berpeluang mendapatkan dua kursi. Sedangkan partai lain hanya mendapatkan satu kursi.

KPU DKI Jakarta menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara tingkat Provinsi DKI Jakarta Pemilu 2024 yang diselenggarakan selama tiga hari pada 7-9 Maret 2024 di Jakarta.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata menargetkan rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat provinsi pada Sabtu (9/3) untuk memastikan seluruh hasil tingkat kecamatan hingga kota terpenuhi.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024