Palembang (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa menyatakan, soal pencalonan dirinya sebagai Presiden periode 2014-2019 akan dipikirkan setelah diketahui hasil Pemilu Legislatif 9 April 2014.

"Dukungan masyarakat dan kader PAN untuk maju sebagai presiden akan direspon setelah Pemilu legislatif, untuk itu mari bersama fokus memenangi pemilu tersebut," kata Hatta Rajasa seusai memberikan pembekalan kepada caleg DPR, DPRD provinsi, kabupaten, dan kota se-Sumatera Selatan di Palembang, Senin.

Menurutnya, untuk maju sebagai presiden tidak boleh berdasarkan emosional namun harus realistis dengan melihat berapa besar dukungan masyarakat kepada partai yang dipimpinnya itu dalam pesta demokrasi rakyat lima tahunan nanti.

Jika perolehan suara PAN dalam Pemilu Legislatif cukup bagus dan tingkat keterpilihan atau "elektabilitas" dirinya meningkat, langkah mencalonkan diri menjadi orang nomor satu di republik ini sesuai aspirasi masyarakat banyak dan kader partai akan dilanjutkan.

"Nantilah bicara soal pencalonan sebagai presiden, kita sekarang fokus memikirkan strategi memenangi Pemilu Legislatif yang tinggal sekitar lima bulan lagi," ujar Hatta yang juga Menko Perekonomian itu.

Dijelaskannya, untuk meraih hasil yang lebih baik dari pemilu sebelumnya, seluruh pengurus, caleg dan kader PAN harus bersatu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga mendapatkan perolehan suara terbanyak sesuai dengan target yang diharapkan.

"Kita memiliki keinginan besar memenangi pemilu 2014, terlebih di Sumatera Selatan sebagai tempat kelahiran saya hasilnya harus lebih baik dari pemilu periode sebelumnya sehingga seluruh program partai bisa dijalankan," ujarnya.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013