Jakarta (ANTARA) - Pada pekan ke-28 Liga Inggris terdapat duel panas yang mempertemukan Liverpool kontra Manchester City di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu malam pukul 22.45 WIB.
 
Pertemuan kedua tim dalam beberapa tahun terakhir selalu berjalan menarik, terlebih sejak bangkitnya Liverpool mengganggu dominasi City.
 
Sejak kedatangannya Jurgen Klopp pada 2015 silam, Liverpool perlahan bangkit setelah sempat kehilangan arah di bawah beberapa pelatih semenjak ditinggal Rafael Benitez.
 
Secara perlahan Liverpool dapat bangkit dan mengganggu dominasi City yang sebelumnya menjadi raksasa semenjak dimiliki oleh pebisnis Timur Tengah Sheikh Mansour.
 
Pada beberapa kesempatan, Liverpool dan City bersaing ketat untuk meraih gelar juara hingga pekan terakhir. Musim ini diperkirakan hal tersebut akan kembali terjadi.
 
 
Perebutan gelar yang mendebarkan
 
Duel antara Liverpool dan City tentu akan menyedot banyak perhatian penikmat sepak bola di seluruh dunia karena pertandingan ini akan menentukan arah persaingan juara Liga Inggris musim ini.
 
Kedua tim kini hanya berjarak satu poin, di mana Liverpool menempati peringkat kedua dengan torehan 63 poin dan City berada satu tempat di bawahnya.
 
Hasil pertandingan ini tentu akan menentukan arah bagaimana peta persaingan gelar juara Liga Inggris musim ini.
 
Andai pertandingan nanti berakhir imbang, Liverpool akan naik kembali peringkat pertama, sedangkan City tertahan di posisi ketiga.
 
Kenyataan tersebut membuat City harus meraih kemenangan untuk bisa menduduki posisi pertama, namun tentu tak mudah untuk mengalahkan Liverpool.
 
Kondisi hampir serupa pernah terjadi pada Liga Inggris pada musim 2018/19 di mana persaingan gelar juara antara City dan Liverpool harus ditentukan hingga pekan terakhir. Pada akhirnya The Citizen mampu keluar sebagai juara dengan unggul satu poin atas Liverpool.
 
Semusim setelahnya, Liverpool dapat membalas kegagalan menyakitkan tersebut dengan keluar sebagai juara musim 2019/20 dengan unggul jauh poinnya dari City yang menempati posisi kedua.
 
 
Liverpool unggul di Anfield
 
Secara head to head, Liverpool lebih unggul ketika berjumpa Manchester City di Anfield dengan berhasil mencatatkan dua kemenangan, dua imbang dan menelan satu kekalahan.
 
Pada pertemuan terakhirnya di kompetisi Liga Inggris, Liverpool mengamankan kemenangan 1-0 atas City berkat gol semata wayang Mohamed Salah.
 
Sementara itu secara keseluruhan di seluruh ajang pada lima pertemuan akhir, kedua tim saling mengalahkan dan hanya satu laga yang berakhir imbang.
 
Pertemuan terbaru kedua tim musim ini di Liga Inggris ketika bermain di Etihad, City harus puas berbagi angka dengan Liverpool dengan skor 1-1.
 
Berikut lima pertemuan terakhir kedua tim di berbagai ajang:
 
25/11/2023 Manchester City 1 - 1 Liverpool (Liga Inggris)
 
01/04/2023 Manchester City 4 - 1 Liverpool (Liga Inggris)
 
23/12/2022 Manchester City 3 - 2 Liverpool (Piala Liga Inggris)
 
16/10/2022 Liverpool 1 - 0 Manchester City (Liga Inggris)
 
30/07/2022 Liverpool 3 - 1 Manchester City (Community Shield)
 
 
Ambisi kedua tim lanjutkan tren positif
 
Baik Liverpool ataupun City dipastikan berambisi untuk mengamankan poin penuh agar bisa melanjutkan tren kemenangan yang sudah mereka torehkan sebelumnya.
 
Skuad asuhan Jurgen Klopp tersebut tercatat telah menorehkan tujuh kemenangan beruntun di berbagai ajang, sementara di Liga Inggris mereka sudah mencatatkan empat kemenangan terus menerus.
 
Terbaru tengah pekan lalu, Liverpool baru saja menghancurkan Sparta Praha di kandangnya dengan skor 5-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa.
 
Sementara di Liga Inggris, Liverpool baru saja memecahkan rekor setelah sekian lama tak mampu menang di kandang Nottingham Forest.
 
Di sisi lain, Manchester City telah menorehkan lima kemenangan beruntun di berbagai ajang.
 
Terbaru pada tengah pekan lalu, Manchester City mengalahkan FC Copenhagen dengan skor 3-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, sekaligus memastikan diri lolos ke babak perempat final.
 
Pada kompetisi Liga Inggris, The Citizen pekan lalu sukses mendapatkan kemenangan penting dengan mengalahkan Manchester United 3-1.
 

Berikut lima pertandingan terakhir kedua tim:
 
Liverpool
 
8/3/24 Sparta Praha 1 - 5 Liverpool (Liga Europa)
 
2/3/24 Nottingham Forest 0 - 1 Liverpool (Liga Inggris)
 
29/2/24 Liverpool 3 - 0 Southampton (Piala FA)
 
25/2/24 Chelsea 0 - 1 Liverpool (Piala Liga Inggris)
 
22/2/24 Liverpool 4 - 1 Luton Town (Liga Inggris)
 
 
Manchester City
 
7/3/24 Manchester City 3 - 1 FC Copenhagen (Liga Champions)
 
3/3/24 Manchester United 3 - 1 Manchester United
 
28/02/24 Luton Town 2 - 6 Manchester City ( Piala FA)
 
25/02/24 Bournemouth 0 - 1 Manchester City (Liga Inggris)
 
21/02/24 Manchester City 1 - 0 Brentford (Liga Inggris)

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Arsenal merebut posisi teratas
Baca juga: Klopp: Liverpool vs City bukan hanya tentang Van Dijk lawan Haaland


 
Komentar masing-masing pelatih
 
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan bahwa dirinya memahami pentingnya pertandingan kontra Manchester City ini.
 
"Kami tidak menyembunyikan bahwa kami ingin memenangkan pertandingan ini, juga mengetahui kesulitannya. Ini adalah pertandingan besar, saya mengerti itu 100 persen," jelas Klopp.
 
Klopp sendiri mempunyai catatan apik melawan Pep dimana dirinya dari 29 laga yang pernah dijalani, ia memenangkan 12 kali di antaranya, sedangkan pelatih asal Spanyol itu memenangkan 11 laga dan sisanya berakhir imbang.
 
"Saat ini, saya baru diberitahu, saya punya rekor positif melawan Pep. Sejujurnya, saya tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi! Tapi semuanya baik-baik saja," ujar Klopp.
 
Sementara itu, pelatih Manchester City Pep Guardiola meyakini jika pertandingan menghadapi Liverpool nanti akan menyenangkan dan sudah ka nantikan.
 
"Melawan tim asuhan Klopp selalu menyenangkan, kami akan mencoba memenangkan pertandingan. Ini akan menyenangkan karena selalu penuh dengan tantangan," terang Pep.
 
Selain itu, pelatih asal Spanyol tersebut turut mengusung misi memperbaiki catatan Manchester City ketika bertandang ke Anfield.
 
Pada lima lawatan terakhirnya ke Anfield pada ajang Liga Inggris, Manchester City mampu menorehkan satu kemenangan, dua hasil imbang dan menelan dua kekalahan.
 
"Ketika itu terjadi, Anda harus tampil lebih baik. Kami di stadion ini tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi jadi Anda harus berbuat lebih baik," ungkap Pep


Baca juga: Wataru Endo siap bendung lini serang Manchester City
Baca juga: Pep berambisi perbaiki catatan Man City ketika berlaga di Anfield

 
Prediksi susunan pemain
 
Liverpool diperkirakan akan menggunakan formasi favorit mereka yaitu 4-3-3 dan posisi penjaga gawang diisi oleh Caoimhin Kelleher. Sementara itu bek tengah ditempati Ibrahima Konate dan Virgil van Dijk, lalu bek sayap terdapat Conor Bradley serta Andy Robertson.
 
Pada posisi trio gelandang diisi oleh Wataru Endo, Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai. Selanjutnya penyerang sayap ditempati Mohamed Salah dan Luis Diaz serta Darwin Nunez sebagai ujung tombak.
 
Manchester City diperkirakan akan menggunakan formasi 3-2-4-1 dengan menurunkan kekuatan terbaik mereka di mana posisi penjaga gawang akan ditempati Ederson Moraes, sedangkan tiga bek tengah diisi oleh Kyle Walker, Ruben Dias dan Nathan Ake.
 
Memasuki sektor tengah, akan diisi empat gelandang akan yaitu John Stones, Rodri, Bernardo Silva dan Kevin De Bruyne. Posisi sayap ditempati Jeremy Doku dan Phil Foden sedangkan ujung tombak dipercayakan kepada Erling Haaland.
 
Berikut prediksi susunan 11 pertama Liverpool vs Manchester City:
 
Liverpool (4-3-3): Kelleher; Bradley, Konate, Van Dijk, Robertson; Endo, Mac Allister, Szoboszlai; Salah, Nunez, Diaz.
 
Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Walker, Dias, Ake; Stones, Rodri; Foden, Silva, De Bruyne, Doku; Haaland.


Baca juga: Postecoglou ingin Spurs lanjutkan tren positif saat jumpa Aston Villa
Baca juga: Emery pandang laga kontra Tottenham sebagai tantangan besar

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024