Gunung Kidul (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengajak masyarakat pengelola tempat wisata Gunung Api Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkatkan sarana dan prasarana pendukung agar tercipta kenyamanan sebagai tempat wisata.

"Tempat wisata yang kotor tidak akan membuat wisatawan mempunyai kenangan terhadap tempat tersebut," kata Mari Elka Pangestu saat mengunjungi objek wisata Gunung Api Nglanggeran di Gunung Kidul, Senin.

Mari Elka mengatakan objek wisata minat khusus semacam Gua Pindul, Gunung Api Purba Nglanggeran, dan Kali Suci Pacarejo di Kabupaten Gunung Kidul sangat menjanjikan ke depannya.

Mari Elka mengatakan program PNPM Mandiri Perdesaan di kawasan Gunung Api Purba bisa dikatakan berhasil.

PNPM merupakan salah satu kepedulian pemerintah pusat secara langsung untuk membantu memajukan daerah-daerah di Indonesia.

"Ada beberapa hal yang diusulkan kepada kita, salah satunya adalah adanya sertifikat pemandu. Seiring makin ramainya wisatawan yang datang ke kawasan Gunung Api Purba, keselamatan, dan jaminan yang profesional yang diberikan kepada wisatawan oleh pemandu harus kita tingkatkan, karena ini menyangkut kenyamanan wisatawan," kata Mari Elka.

Ia mengatakan objek wisata di kawasan Kabupaten Gunung Kidul dan sekitarnya memang cocok jika dijadikan wisata pendidikan atau "education tour".

"Sarana pendukung memang sudah layak jika kita usulkan menjadi Geo Park. Selain itu, perkembangan peningkatan ekonomi masyarakat juga mulai terasa," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013