Jakarta (ANTARA) -
Pemprov DKI Jakarta dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan menggelar Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 pada 23 Juni 2024. 
 
Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan maraton ini digelar untuk memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta dan meningkatkan Jakarta sebagai kota sport tourism. 
 
"Setelah tahun lalu penyelenggaraan BTN Jakarta Run sukses digelar, kami optimistis penyelenggaraan BTN Jakarta International Marathon 2024 akan lebih sukses dan mendapat minat yang besar dari masyarakat," kata dia dalam keterangan tertulis pada Minggu.

Heru mengharapkan kegiatan ini berdampak bagi perekonomian di Jakarta. 
 
"Serta bisa membangkitkan ekonomi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), membangkitkan semangat warga Jakarta dan sekitarnya untuk lebih sehat," sambung Heru. 
 
Heru menjamin ajang ini menerapkan 3S,  yaitu Safety (keselamatan), Security (keamanan) dan Steril.

Petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI akan diturunkan untuk mensterilkan rute lomba, dari Silang Barat Laut Monas dan selesai di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). 

Baca juga: Menparekraf: Tokyo Marathon jadi inspirasi wisata olahraga bagi RI 
 
"Dengan jaminan S3 ini, diharapkan dapat menaikkan konsentrasi para pelari dalam melaksanakan marathon dari garis start hingga finish," ucapnya.
 
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu optimistis lomba ini akan banyak diminati pelari dari dalam dan luar negeri. Dia menargetkan 15.000 pelari menjadi peserta dalam lomba ini. 
 
"Minat masyarakat dalam berolahraga lari sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan membludaknya pendaftaran pada beberapa event yang kami selenggarakan seperti BTN Run atau BTN Jakarta Run tahun lalu yang sangat tinggi peminatnya,” kata dia.
 
Nixon menambahkan kategori dalam BTN Jakim 2024 adalah Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K), dan 10K. 
 
"Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp 3 miliar, termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi warga negara Indonesia," kata Nixon. 
 
"Pendaftaran dibuka pada 10 Maret 2024 dan bagi pendaftar nasabah BTN yang memiliki aplikasi BTN Mobile akan mendapat diskon menarik," pungkas Nixon. 

Baca juga: Ajang lari LPS Monas Half Marathon 2024 dirancang lebih kompetitif

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024