Jakarta (ANTARA) - Diego Llorente menjadi pahlawan AS Roma berkat golnya di menit akhir yang memaksa pertandingan melawan Fiorentina berakhir imbang 2-2, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Raihan satu poin dari pertandingan di Stadion Artemio Franchi, Florence, itu membuat Giallorossi menduduki posisi kelima di klasemen sementara dengan 48 poin. Sedangkan Fiorentina berada di posisi kedelapan dengan koleksi total 43 poin, demikian catatan dari laman resmi Liga Italia.

Penyerang Roma Romelu Lukaku menjadi sosok yang pertama menebar ancaman saat ia melepaskan sepakan mendatar yang memaksa kiper Pietro Terraciano melakukan penyelamatan.

Baca juga: Allegri: Lawan Atalanta bukan laga menentukan tapi tetap penting

Tetapi Fiorentina membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-18. Tendangan sudut Maxime Lopez diteruskan Nico Gonzalez, dan Luca Ranieri bergerak lebih cepat dari Evan Ndicka untuk menyambar bola dan masuk ke gawang tim tamu.

Unggul satu gol membuat Fiorentina semakin percaya diri. Rolando Mandragora melepaskan sepakan melengkung yang melebar, dan Andrea Belotti menyepak bola dari sudut sempit untuk membuat kiper Mile Svilar harus berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Fiorentina sempat berpikir mereka telah unggul 2-0 pada menit ke-38. Belotti melepaskan sepakan voli dari sudut sempit, namun Leandro Paredes masih mampu menyapu bola sebelum melewati garis gawang. Keunggulan 1-0 untuk tuan rumah bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-58, Roma berhasil menyamakan kedudukan. Paulo Dybala merangsek ke depan, dan menyodorkan bola kepada Angelino. Ia lantas mengirim umpan silang yang terdefleksi Luca Ranieri, dan menjadi assist untuk dimaksimalkan Houssem Aouar.

Kedudukan imbang hanya bertahan sampai menit ke-69. Dari kemelut di depan gawang Roma akibat umpan silang Cristiano Biraghi, Aouar gagal membuang bola dengan sempurna, dan Mandragora berhasil memanfaatkannya dengan cerdik, berkat sepakan kaki kiri luarnya untuk membobol gawang tim tamu.

Fiorentina kemudian mendapat hadiah penalti ketika Paredes menarik kaus Belotti di kotak terlarang. Namun kiper Mile Svilar mampu menggagalkan eksekusi penalti Biraghi.

Roma berjuang keras untuk menyamakan kedudukan sampai akhir. Buah kerja keras mereka dipetik pada menit ke-95, Ndicka mengirim umpan silang dan Llorente membiarkan bola memantul ke tanah satu kali, sebelum melepaskan sepakan setengah voli yang menjadi gol penyama kedudukan.

Daftar susunan pemain:

Fiorentina: Pietro Terracciano, Michael Kayode, Nikola Milenkovic, Luca Ranieri, Cristiano Biraghi, Maxime Lopez, Rolando Mandragora, Nicolas Gonzalez, Giacomo Bonaventura, Riccardo Sottil, Andrea Belotti
Pelatih: Vincenzo Italiano

AS Roma: Mile Svilar, Gianluca Mancini, Diego Llorente, Evan Ndicka, Angelino, Bryan Cristante, Leandro Paredes, Stephan El Shaarawy, Paulo Dybala, Houssem Aouar, Romelu Lukaku
Pelatih: Daniele De Rossi

Baca juga: Dwigol Koopmeiners amankan hasil seri 2-2 Atalanta di markas Juventus

Baca juga: AC Milan naik ke peringkat dua usai menang tipis 1-0 atas Empoli

Baca juga: Motta puas dengan penampilan Bologna meski takluk dari Inter Milan


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024