Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Nyepi 2024 kepada umat Hindu yang melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian, Senin.

"Rahajeng Rahina Nyepi 2024. Warsa Anyar Caka 1946," kata Presiden Jokowi dilansir melalui akun Reels Instagram @jokowi di Jakarta, Senin.

Akun tersebut juga menyertakan narasi harapan agar umat Hindu di mana pun berada diberikan kelancaran dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Baca juga: Menag: Nyepi-Ramadhan momentum introspeksi dan saling hormati ritual

Dilansir dari Surat Edaran Parisada Hindu Dharma Indonesia tentang pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Catur Brata Penyepian merupakan ritual tahunan yang memiliki spirit kultural yang berisi sejumlah pantangan.

Ritual ini harus dilakukan tanpa ada bunyi pengeras suara dan tidak menyalakan lampu pada waktu malam hari.

Namun, ritual ini dikecualikan bagi yang sakit atau membutuhkan layanan untuk keselamatan dan hal-hal lain dengan alasan kemanusiaan.

Baca juga: Menko PMK nilai lumrah Nyepi bertepatan dengan Ramadhan

Postingan yang disukai oleh 37 ribu lebih pengikut pada Senin siang itu juga menyematkan grafis berbentuk bangunan pura berikut rumah adat Bali di tengah hamparan sawah dan perbukitan disertai alunan gamelan Bali.

Sedikitnya 587 warganet juga memberi komentar atas ucapan selamat Nyepi dari Presiden Jokowi yang bertepatan dengan pelaksanaan hari pertama ibadah puasa Ramadhan 1445H/2024M oleh sejumlah kalangan Muslim.

"Selamat Nyepi, salam toleransi," tulis salah satu warganet @dylanjan_ di kolom komentar.

Baca juga: Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk tutup sementara pada Hari Raya Nyepi

"Matur suksma pakde rahayu rahajeng," kata @gvsrusen.

"Terima kasih pak, selamat memulai ibadah puasa juga," kata @cho_ichoade.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024