Jakarta (ANTARA News) - Simpanse menunjukkan kodrat sosial mereka dengan berkomunikasi dengan robot boneka dan mencoba bermain dengannya, ungkap peneliti.

Primata menanggapi gerakan dasar yang dibuat oleh robot dan menawarkannya mainan dalam sebuah percobaan, dimana ilmuwan Inggris percaya bahwa mereka ingin berkomunikasi dan berinteraksi dengan makhluk lain pada tingkat sosial.

Mereka mengatakan bentuk dasar komunikasi simpanse membantu untuk menunjukkan ikatan sosial dan mengarah pada bentuk yang lebih rumit dari interaksi sosial.

Dalam studi pertama, Dr Marina Davila-Ross, dari University of Portsmouth, menguji bagaimana primata berinteraksi dengan robot.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Animal Cognition itu, simpanse bereaksi terhadap gerakan-gerakan kecil yang dibuat oleh robot boneka dengan mengajaknya bermain, menawarkannya mainan dan bahkan tertawa kepada robot itu.

Mereka juga merespon ketika ditiru oleh robot dan mungkin merespon dengan cara yang sama terhadap manusia atau simpanse lain.

Dr Davila-Ross mengatakan keuntungan menggunakan robot dalam penelitian ini adalah simpanse bisa diamati dan manusia tidak perlu berpartisipasi langsung untuk mengamati perilaku simpanse.

Hal ini memungkinkan peneliti untuk menganalisa bentuk sederhana interaksi sosial simpanse.

"Sangat menyenangkan saat simpanse mengenali ketika mereka ditiru robot, karena hal ini dapat membantu menunjukkan ikatan sosial mereka. Beberapa simpanse memberikan robot itu mainan dan benda lainnya dan menunjukkan ketertarikan aktif dalam berkomunikasi," kata Ross.

Perilaku semacam ini menunjukkan interaksi sosial dan persahabatan.

"Tapi terdapat beberapa perbedaan bagaimana simpanse berperilaku. Beberapa simpanse tampak tidak tertarik berinteraksi dengan robot", katanya.

Namun hampir semua dari 16 simpanse yang diamati menunjukkan tingkat komunikasi aktif dengan robot, seperti gerak tubuh dan ekspresi.

Dr Davila-Ross mengatakan bahwa penelitian ini membuka jalan untuk studi lebih lanjut dengan menggunakan robot untuk berinteraksi dengan primata dalam upaya untuk menemukan lebih banyak tentang perilaku sosial mereka, seperti bagaimana mereka berteman.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013