Konflik satwa liar terjadi jenis harimau sumatera dan buaya muara
Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Resor Konservasi Wilayah II Maninjau Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mencatat sebanyak delapan konflik satwa liar dengan manusia terjadi di delapan nagari atau desa di Kabupaten Agam selama Januari sampai 11 Maret 2024.
 
"Konflik satwa liar terjadi jenis harimau sumatera dan buaya muara," kata Kepala Resor Konservasi Wilayah II Maninjau BKSDA Sumatera Barat Rusdiyan P. Ritonga di Lubuk Basung, Senin.
 
Ia menjelaskan, konflik itu terjadi di delapan nagari di Agam yakni, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan di mana harimau sumatera melintas di permukiman warga setempat pada Januari.
 
Kejadian selanjutnya di Salareh Aia Timur, Kecamatan Palembayan di mana harimau sumatera memangsa kambing warga setempat pada Januari.
 
Kemudian di Nagari Baring, Kecamatan Palembayan harimau sumatera memangsa kerbau warga pada Maret, sehingga kerbau mengalami luka ringan pada kakinya.
 
"Di Nagari Baringi merupakan kejadian yang kedua kalinya, karena pada Januari juga ada harimau sumatera melintas di daerah itu," katanya.
 
Ia menambahkan, kejadian selanjutnya di Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan satu ekor harimau sumatera melintas di permukiman warga pada Februari.
 
Setelah itu Nagari Sipinang, Kecamatan Palembayan harimau sumatera memangsa dua ekor kerbau warga pada Maret, kerbau hanya mengalami luka ringan pada kakinya.
 
Lalu di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh satu ekor kambing warga dimangsa harimau sumatera pada Maret.
 
Kemudian di Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara satu orang warga meninggal dunia diduga dimangsa buaya muara.
 
Berikutnya di Nagari Tigo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan dua kerbau warga mati dimangsa harimau sumatera pada Maret.

"Lima kerbau dimangsa satwa itu yang mengakibatkan dua mati dan tiga luka ringan, satu warga meninggal dunia akibat konflik itu," katanya.
 
Ia mengakui seluruh konflik tersebut telah ditangani dengan turun ke lokasi bersama Patroli Anak Nagari (Pagari) dan Polsek setempat untuk verifikasi lapangan dan indentivikasi tanda keberadaan dari satwa.
 
BKSDA juga memasang kamera jebak di lokasi tersebut untuk memantau keberadaan dari satwa.
 
"Ada beberapa kamera jebak yang kita pasang di lokasi konflik untuk memantau pergerakan satwa," katanya.
 
Ia mengimbau warga untuk mengandangkan ternak, karena pada umumnya kerbau yang dimangsa tidak dikandangkan pada malam hari, dan hanya digembalakan di kebun miliknya yang berdekatan dengan kawasan.

Karena itu, Rusdiyan menawarkan kandang kumunal dalam melindungi ternak dari satwa liar tersebut.
 
"Kandang kumunal telah kita pasang di Salareh Aia, Kabupaten Agam dan Binjai Kabupaten Pasaman," katanya. ***3***

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024