Pencarian difokuskan ketiga titik yakni kawasan longsor di Kecamatan Sutera, korban yang terseret arus banjir di Koto XI Tarusan, dan Kecamatan Bayang
Padang (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mengungkapkan enam orang korban bencana alam di Kabupaten Pesisir Selatan, provinsi setempat masih dalam pencarian hingga Senin (11/3) oleh tim SAR gabungan.

"Hingga hari kelima operasi pencarian dan penyelamatan masih terus berlanjut, namun hari ini tidak ada korban yang ditemukan," kata Kepala Kantor SAR Padang Abdul Malik di Padang, Senin.

Baca juga: Tiga remaja di Lampung Selatan tenggelam saat berenang di pantai

Ia mengatakan, upaya pencarian oleh tim SAR gabungan di daerah Pesisir Selatan sudah dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Pencarian difokuskan ketiga titik yakni kawasan longsor di Kecamatan Sutera, korban yang terseret arus banjir di Koto XI Tarusan, dan Kecamatan Bayang.

Ia merinci, enam korban tersebut merupakan pembaruan data pada Senin, di mana dua korban di Tarusan, tiga orang di Langgai, dan satu di Sungai Batang Bayang.

Menurutnya, dalam operasi pencarian dan penyelamatan pada Senin itu pihaknya juga menurunkan tiga unit drone.

Abdul memaparkan, untuk upaya pencarian di Langgai, Sutera petugas mengalami kendala karena akses jalan menuju ke lokasi putus akibat longsor yang terjadi.

Baca juga: Diskar PB Bandung temukan dua santri tenggelam di Sungai Cikapundung

Berdasarkan data sejak bencana alam terjadi pada 7 Maret 2024, jumlah korban meninggal dunia tercatat sebanyak 23 orang, empat orang masih dalam pencarian.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar telah menetapkan masa tanggap darurat bencana banjir bandang selama 14 hari terhitung sejak 8 Maret 2024.

Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska mengatakan masa tanggap darurat selama 14 hari ditetapkan karena banjir bandang berdampak pada puluhan ribu warga di 11 kecamatan.

Operasi pencarian melibatkan tim dari Kantor SAR Padang, Bengkulu, Jambi, dan Medan. Kemudian TNI, Polri, BPBD, Tagana, pemadam kebakaran, PMI, Pramuka, KSB, dan insan kebencanaan lainnya. 

Baca juga: Basarnas Cianjur evakuasi jasad pemancing tenggelam di Waduk Jangari

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024