Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik pada Senin (11/3), telah kami rangkum untuk Anda baca pada pagi hari ini, mulai dari penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia, hingga rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional.

1. Bawaslu RI: PSU Kuala Lumpur berjalan lancar, tetapi ada catatan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengatakan bahwa pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia berjalan dengan lancar, tetapi terdapat sejumlah catatan.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menjelaskan salah satu catatan dalam PSU Kuala Lumpur adalah adanya intimidasi yang dilakukan pemilih yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK) terhadap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) serta Pengawas Tempat Pemungutan Suara/Kotak Suara Keliling (TPS/KSK).

Selengkapnya baca di sini.

2. KPU RI sahkan suara Prabowo-Gibran unggul di Sumatera Selatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengesahkan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara nasional yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/3).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan jumlah penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden sudah cocok dengan jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) serta jumlah suara sah dan tidak sah, yakni sebanyak 5.436.127 lembar.

Selengkapnya baca di sini.

3. Hasil rekapitulasi suara tetap sah meski tak ditandatangani saksi

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan hasil rekapitulasi penghitungan suara di Provinsi Sumatera Selatan tetap sah meski saksi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak menandatangani formulir D hasil tingkat provinsi.

Hal ini disampaikan Mellaz menyusul adanya catatan khusus terkait saksi yang tidak menandatangani formulir D hasil tingkat provinsi saat proses rekapitulasi suara Provinsi Sumatera Selatan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/3).

Selengkapnya baca di sini.

4. Hasil pleno KPU Kaltim: Lima petahana dan tiga wajah baru lolos DPR RI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah merampungkan rekapitulasi suara untuk pemilihan anggota DPR RI.

Berdasarkan hasil pleno, terdapat lima petahana yang berhasil mempertahankan kursi mereka, sementara tiga kursi lainnya akan diduduki oleh wajah baru.

"Kami akan ajukan hasil pleno tersebut untuk rekapitulasi di KPU RI secara nasional," ungkap Ketua KPU Kaltim Fahmi di Samarinda, Senin (11/3).

Selengkapnya baca di sini.

5. Saksi Prabowo-Gibran di Malut protes suara capresnya hilang

Saksi pasangan calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memprotes kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gane Barat Utara yang sengaja menghilangkan sebagian suara capresnya saat dilakukan pleno rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut).

Koordinator Zona 4 Kabupaten Halsel Prabowo Gibran, Mansur Abdul Fatah, Senin, mengatakan, PPK Kecamatan Gane Barat Utara telah melakukan tindakan sewenang-wenang dengan menghilangkan suara capres pasangan Prabowo-Gibran di pleno KPU Kabupaten Halmahera Selatan.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024