Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan Facebook menarasikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menghapus frasa agama dalam rancangan atau draft peta jalan 2023 – 2035. 

Unggahan tersebut disertai dengan video yang menarasikan MUI terkejut melihat draf peta jalan 2020 – 2035 narasi agama dihapus dan digantikan dengan akhlak dan budaya.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Fix sudah draf Agama dihapus Kemendikbud diganti dgn budaya. Waspadalah Indonesia sdh jd negara komunisluas luasnya agar  Bunda2 dan Bapak2 tdk lg salah jalan dlm menyekolahkan putra putrinya. Waspadalah Indonesia sdh jd negara komunis...”

Namun, benarkah  Kemendikbudristek menghapus frasa agama dalam dokumen draf peta jalan 2023-2035?

 

Unggahan hoaks yang menarasikan Kemendikbud hapus frasa agama dalam dokumen draf peta jalan 2023-2035. Faktanya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyatakan hal tersebut tidak benar. (Facebook)
Penjelasan:

Dilansir dari laman Kemendikbud, pada tahun 2021 Kemendikbudristek telah merespons isu ini, bahwa tidak benar agama akan dihapus dalam Peta Jalan Pendidikan. Dalam dilihat pada keterangan di setiap halaman bahwa dokumen tersebut masih berupa “draft” dan pada saat itu masih menjadi pembahasan dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta 60 organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, organisasi keagamaan, asosiasi profesi, institusi pendidikan, organisasi multilateral, dan lainnya” dan pada saat itu masih menjadi pembahasan dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta 60 organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, organisasi keagamaan, asosiasi profesi, institusi pendidikan, organisasi multilateral, dan lainnya.

Mendikbudristek Nadiem Makarim pada 2021 juga sudah pernah merespons dengan menyatakan isu ini tidak benar dan tidak akan pernah Kemendikbud menghapus mata pelajaran agama.

“Agama bukan hanya hal yang sangat penting, namun hal esensial bagi pendidikan bangsa kita,” kata Nadiem.

Berdasarkan penelusuran, isu mengenai pelajaran agama di sekolah akan dihapus sudah pernah beredar sejak tahun 2017 dan kembali terulang pada tahun 2019, tahun 2021, tahun 2023, hingga di awal 2024.

Klaim: Kemendikbudristek hapus frasa agama dalam dokumen draf peta jalan 2023-2035

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoak! Surat Pemanggilan CPNS Kemendikbud

Cek fakta: Cek Fakta: Mendikbud tiadakan pembelajaran tatap muka setelah pandemi COVID-19?

Baca juga: Kemendikbud tegaskan tak pernah berencana hilangkan pelajaran agama

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024