Makassar (ANTARA) - Kerajaan Saudi Arabia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar dan Yayasan I-Salam mengagendakan buka puasa bersama barisan sepanjang 2,5 kilometer dan akan memecahkan rekor Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) pada Rabu (13/3) di sepanjang Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kegiatan ini menunjukkan eratnya persahabatan antara Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dengan Kerajaan Saudi Arabia sebagai negara islam terbesar penjaga dua kota suci, yakni Mekah dan Madinah," kata Ketua Panitia Buka Puasa Terpanjang Riswan Ilyas di Makassar, Selasa.

Untuk jumlah peserta ditargetkan sekitar 10.000 orang. Nantinya orang-orang membentuk barisan sepanjang 2,5 kilometer. Kegiatan ini adalah kali ketiga dilaksanakan pihak Kerajaan Saudi Arabia.

Baca juga: Arab Saudi kembali luncurkan Program Buka Puasa dan Hibah Kurma

Pada tahun pertama buka puasa massal di gelar di Masjid Istiqlal Jakarta. Selanjutnya, disusul tahun kedua di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat dan tahun ini dipusatkan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kita berharap kegiatan ini mengangkat Provinsi Sulsel umumnya dan Kota Makassar di mata internasional, khususnya negara-negara Islam, sebagai salah satu kota metropolitan di kawasan timur Indonesia," ujarnya.

Guna menyukseskan kegiatan tersebut, Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait, di antaranya Badan Kesbangpol, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Pariwisata, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, BPBD, PDAM, PD Parkir, dan seluruh camat se-Kota Makassar.

Selain itu, beredar undangan di media sosial, bertuliskan Kota Makassar, insya Allah akan menjadi kota penyelenggara acara buka puasa oleh kedutaan besar Arab Saudi tahun ini.
Jadilah peserta untuk menyaksikan langsung buka puasa terpanjang MURI yang akan diadakan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Pada 2 Ramadhan 1445 hHijriah atau 13 Maret 2024. Waktu, pukul 16.00-berbuka. Lokasi, Anjungan City of Makassar. https://maps.app.goo.gl/W9VD4paNq7ubZvZQ8. Pendaftaran Online: https://bit.ly/bukapuasaterpanjang. Kuota, 1.500 peserta dan biaya gratis.

Baca juga: Taman Safari Bogor sajikan menu buka puasa "Arabian Night"

Baca juga: Pakar gizi bolehkan santap aneka bubur asal jumlah gula dibatasi


Sebelumnya, Kerajaan Saudi Arabia melalui Kementerian Urusan Agama Islam menggelar buka puasa bersama terpanjang di Padang, Sumatera Barat, pada Senin, 3 April 2023. Buka puasa bersama itu dihadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta Ahmed bin Isa Al Hazmi.

Dalam buka puasa itu, hidangan disiapkan sepanjang 1,2 kilometer dan lebih dari 8.000 ribu warga mengikuti buka puasa bersama di sepanjang jalan Masjid Raya Provinsi Sumatera Barat.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024