Bagi kami, ini adalah hal yang sangat penting
Brasilia (ANTARA News) - Kepolisian federal Brazil mengatakan, Selasa, pihaknya tertarik mewawancarai si pembocor rahasia intelijen yang jadi buronan Amerika Serikat, Edward Snowden, tentang kegiatan mata-mata dunia maya yang dilancarkan AS di negaranya.

Jose Alberto Legas, kepala intelijen kepolisian federal, mengeluarkan pernyataan itu dalam sebuah dengar pendapat tim investigasi Senat yang sedang mengkaji pengungkapan soal penyadapan elektronik besar-besaran yang dilakukan AS terhadap Brazil.

"Salah satu aspek investigasi adalah untuk mendengarkan apa yang dikatakan Snowden. Bagi kami, ini adalah hal yang sangat penting," katanya menekankan, seperti yang dilaporkan AFP.

Komite Senat juga sedang berupaya melakukan pembicaraan melalui saluran video dengan Snowden, yang mencari suaka di Rusia.

Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat telah melakukan pendekatan kepada kedutaan besar Rusia di Brasilia untuk mendapatkan kontak dengan bekas pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) itu.

Snowden telah menjadi buruan AS untuk masalah spionase dan tuduhan-tuduhan lainnya setelah ia membocorkan rincian kegiatan-kegiatan penyadapan di seluruh dunia yang dilakukan oleh NSA.

Berdasarkan dokumen-dokumen yang dibocorkan oleh Snowden, media Brazil melaporkan bahwa NSA telah menyadap komunikasi pemerintah Brazil.

Komunikasi yang disadap adalah hal-hal yang terkait dengan perusahaan raksasa energi milik pemerintah, Petrobras, juga pembicaraan telepon dan surat elektronik jutaan warga Brazil.

Terungkapnya isi dokumen itu memaksa Presiden Brazil Dilma Rousseff memukul Amerika Serikat dalam pidato yang disampaikanya di Perserikatan Bangsa-Bangsa bulan lalu.

Presiden Rousseff juga membatalkan rencana kunjungannya ke Washington.

Sementara itu pada Selasa, Brazil mengadakan pembicaraan tingkat menteri dengan India, membahas cara terbaik untuk melindungi sistem pengintaian mereka dari terobosan pihak luar.

"Banyak masalah yang harus ditangani. Kami bekerja sama di tingkat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mendapatkan bentuknya," kata Menteri Luar Negeri India Salman Khursid.

Khursid mengatakan ia telah mengimbau Brazil untuk berbagi pandangan menyangkut masalah tersebut, menyusul pembicaraan yang telah dilakukannya dengan mitranya, Menteri Luar Negeri Brazil Luiz Alberto Figueiredo di Brasilia.



Penerjemah: Tia Mutiasari

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013