Tahun ini masuk prioritas untuk ditangani pemerintah pusat. Kami serahkan menjadi jalan nasional, jadi pemerintah pusat yang akan menangani.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong mulai diambil alih oleh pemerintah pusat, sehingga kini menjadi berstatus jalan nasional.

"Tahun ini masuk prioritas untuk ditangani pemerintah pusat. Kami serahkan menjadi jalan nasional, jadi pemerintah pusat yang akan menangani," ujar Asmawa Tosepu, di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pemerintah Kabupaten Bogor memastikan perbaikan Jalan Tegar Beriman ruas Bambu Kuning, masuk skala prioritas untuk diperbaiki tahun 2024.

Asmawa yang juga merupakan Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan, kerusakan parah di Jalan Tegar Beriman akan diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ia mengungkapkan bahwa tahun ini akan ada lima ruas jalan nasional di Kabupaten Bogor yang diperbaiki oleh Kementerian PUPR, salah satunya Jalan Raya Tegar Beriman.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menjelaskan jalan yang membentang sekitar lima kilometer dari Simpang Cibinong City Mall (CCM) hingga Simpang Bambu Kuning itu, sebelumnya berstatus jalan kabupaten.

Jalan yang membentang di pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor ini menempel pada Jalan Raya Jakarta-Bogor sisi timur dan sisi barat (setelah tembus dari Jalan Tegar Beriman ke Jalan Parung via Bojonggede-Kemang) yang telah lama berstatus jalan nasional.

"Karena digunakan masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor juga Kota Depok. Maka kami pertimbangkan Jalan Tegar Beriman menjadi jalan nasional," kata Burhanudin.

Ia menerangkan, Jalan Tegar Beriman nantinya akan terhubung dengan dua jalan nasional saat ini, yakni Jalan Raya Jakarta-Bogor dan Jalan Raya Parung.

Namun, untuk terhubung dengan Jalan Raya Parung, membutuhkan jalan layang atau fly over, agar Jalan Tegar Beriman terkoneksi dengan Jalan Bojonggede-Kemang yang saat ini masih dibangun.

"Nanti kan juga terhubung ke Tol Antasari, kemudian JORR III-Balaraja-Serpong-Ciputat. Di timurnya terhubung dengan Tol Sentul-Karawang Barat," katanya pula.

Jalan Tegar Beriman sebelumnya berstatus sebagai jalan provinsi, namun diambil alih Pemerintah Kabupaten Bogor pada akhir 2016 dengan harapan pemeliharaan dapat lebih dekat dan cepat.
Baca juga: Ketua DPRD Bogor: Pemkab perlu bagi beban jalan tambang ke pemprov
Baca juga: Menteri Basuki tinjau pembangunan jalan Program IJD di Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024