Pada situasi bencana kami menyadari bahwa air bersih adalah suatu kebutuhan mendasar yang diperlukan oleh warga
Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan alat berupa satu unit kendaraan khusus yang dapat menjernihkan air bagi warga korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada Selasa.

"Kendaraan tersebut merupakan bagian dari upaya Polri dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulystiawan di Padang, Selasa.

Ia mengatakan kendaraan tersebut dikerahkan ke lokasi terdampak bencana oleh Polda Sumbar melalui Biro Logistik.

Kendaraan khusus penjernih air tersebut dilengkapi dengan teknologi untuk membersihkan air yang tercemar akibat banjir. sehingga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga yang terisolasi usai terdampak bencana.

"Pada situasi bencana kami menyadari bahwa air bersih adalah suatu kebutuhan mendasar yang diperlukan oleh warga," jelasnya.

Baca juga: Tim SAR: Enam korban bencana di Pessel masih dicari
Baca juga: Longsor Pesisir Selatan lumpuhkan akses jalan nasional


Dwi mengatakan bahwa kendaraan tersebut dilengkapi dengan fasilitas penyaringan dan sterilisasi air guna memastikan kualitas air yang aman untuk dikonsumsi.

"Bantuan kendaraan khusus penjernih air ini merupakan bagian dari komitmen Polda Sumbar dalam memberikan respon cepat dan efektif terhadap bencana alam yang terjadi," katanya.

Kehadiran kendaraan khusus penjernih air diharapkan bisa membantu mempercepat proses pemulihan dan rehabilitasi pascabanjir, serta memberikan bantuan yang lebih efektif kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain mengirimkan bantuan berupa logistik ke lokasi bencana, Polri juga turut serta dalam operasi evakuasi dan penanganan darurat bagi korban banjir.

Dwi menyebutkan bantuan juga diserahkan bagi personel Polsek Tarusan dan Polsek Bayang sebanyak 50 stel pakaian dinas PDL II karena pakaian personel hanyut terbawa arus banjir.

Baca juga: Pemprov Sumbar operasikan dapur umum di lokasi banjir Pesisir Selatan
Baca juga: 16 orang korban banjir bandang-longsor Pessel ditemukan meninggal

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024