Untuk target sendiri dari para panahan satu perunggu
Jakarta (ANTARA) - Tim Para Panahan Indonesia menargetkan bisa membawa pulang medali perunggu pada ajang kompetisi Paralimpiade Paris 2024.

"Untuk target sendiri dari para panahan satu perunggu," kata Pelatih Pelatnas Para Panahan NPC Indonesia Idya Putra ketika dikonfirmasi melalui sambungan telpon dari Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, ajang Paralimpiade Paris 2024 merupakan kompetisi yang pertama dalam sejarah para panahan Indonesia.

Oleh sebab itu, target yang realistis bagi atlet para panahan yang sudah dipastikan ikut dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia itu yaitu bisa menyabet medali perunggu.

Idya Putra menjelaskan, jumlah atlet para panahan yang dipastikan lolos ke Paralimpiade Paris sebanyak lima orang yaitu Ken Swagumilang pada nomor men's compound, Kholidin pada nomor men's recurve, Setiawan pada nomor men's recurve.

Baca juga: Lima atlet para panahan lolos kualifikasi ke Paralimpiade Paris

Ketiganya mencetak prestasi bagus dalam Kejuaraan Dunia Para-Panahan yang berlangsung di Pilsen, Republik Ceko pada Juli 2023.

Selain itu, dua atlet putri lain, yakni Teodora Audi Ayudia Ferelly yang memenangkan medali emas pada nomor women's compoud Turnamen Kualifikasi Kontinental 2024 di Bangkok, Thailand, pada November 2023, dan Wahyu Rento Wulandari nomor women's recurve yang menyabet medali perunggu saat tampil di nomor ganda putri bersama Mahda Aulia di Asian Para Games 2022.

Baca juga: Indonesia peringkat kedua di World Abilitysport Games 2023 Thailand

Idya Putra mengatakan, saat ini para atlet sedang dipersiapkan melalui pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Solo, Jawa Tengah.

Atlet yang menjalankan ibadah puasa, kata dia, juga menjadi perhatian dalam hal agar latihan bisa berjalan secara optimal.

"Selain makan yang bergizi pada saat sahur atau buka tentunya ada vitamin tambahan yang harus mereka konsumsi sesuai anjuran dokter," pungkasnya.

Baca juga: NPC targetkan loloskan 27 atlet dan dua emas di Paralimpiade Paris
Baca juga: Menpora gelontorkan Rp36 miliar pada NPC untuk persiapan Paralimpiade

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024