Saya turut sampaikan ke FAO pentingnya diversifikasi, Indonesia punya sagu, sorgum, dan umbi-umbian, maka diversifikasi adalah jalan yang bijaksana
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyebut program diversifikasi pangan Universitas Negeri Manado (UNIMA) merupakan wujud nyata kontribusi perguruan tinggi dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

"Ini merupakan niat baik di sektor pertanian dan kampus bisa jadi center of excellence. Terlebih jika perannya terus dijalankan dengan baik," kata Moeldoko melalui siaran pers usai menerima kunjungan kerja Wakil Rektor UNIMA di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan tersebut Moeldoko mengapresiasi peran UNIMA dalam pengembangan diversifikasi pangan, seperti jagung dan sorgum.

UNIMA telah menyiapkan lahan seluas 300 hektare untuk pengembangan diversifikasi pangan di kawasan kampus yang berada di Kelurahan Tonsari, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Moeldoko, pengembangan diversifikasi pangan di UNIMA merupakan wujud nyata kontribusi perguruan tinggi untuk turut serta dalam mendukung ketahanan pangan.

Baca juga: Moeldoko bagikan pengalaman pertanian RI pada forum pangan dunia

Moeldoko mendorong perguruan tinggi untuk terus melakukan riset dan pengembangan dalam mendukung ketahanan pangan dalam negeri guna mengatasi persoalan global di sektor pertanian, seperti regenerasi petani, penyusutan lahan, serta peningkatan populasi.

Moeldoko yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) mengatakan Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) untuk membangun program regenerasi petani serta pelatihan berjenjang, termasuk penggunaan teknologi smart farming dan cara berbisnis di sektor pertanian.

“Ada bantuan dari FAO untuk mengembangkan potensi anak muda. Saya turut sampaikan ke FAO pentingnya diversifikasi, Indonesia punya sagu, sorgum, dan umbi-umbian, maka diversifikasi adalah jalan yang bijaksana,” katanya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik UNIMA Norbanus Naharia berharap terus mendapat dukungan pemerintah dalam pengembangan diversifikasi pangan berkelanjutan di lahan kampus. 

Baca juga: Moeldoko kampanyekan sagu jadi pangan alternatif
Baca juga: KSP minta pemda genjot produktivitas pangan unggulan di daerah

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024