Canberra (ANTARA) - Semakin banyak warga Australia yang meyakini negara mereka harus berusaha menjadi kekuatan menengah yang independen alih-alih sekadar sekutu Amerika Serikat (AS), demikian temuan dari sebuah jajak pendapat.

Dipublikasikan oleh harian Inggris, The Guardian, dalam edisi daring Australia pada Selasa (12/3), jajak pendapat itu menemukan bahwa 38 persen warga Australia mengatakan bahwa peran negara mereka dalam berbagai urusan global seharusnya adalah sebagai kekuatan menengah yang independen.

Sebanyak 25 persen warga Australia mengatakan bahwa negara itu harus berupaya semaksimal mungkin untuk tidak terlibat dalam berbagai urusan dunia, sementara 17 persen lainnya tidak yakin.

Jajak pendapat itu menemukan bahwa 63 persen warga Australia menyatakan diri mereka sebagai pihak yang khawatir atas tindakan militer Israel di Gaza.

Sebanyak 37 persen warga Australia menuturkan Israel harus menarik diri secara permanen dari tindakan militernya di Gaza, dua kali lebih banyak dari 18 persen warga Australia yang mendukung kelanjutan aksi militer tersebut.

Dua pertiga partisipan jajak pendapat itu mengatakan bahwa mereka yakin dunia sangat atau cukup terpecah belah dan 10 persen lainnya menggambarkan dunia sedang bersatu.

Sebanyak 68 persen warga Australia menyepakati bahwa ketidakstabilan global menjadikan perdagangan lebih mahal dan 57 persen warga Australia mengatakan bahwa hal itu akan melemahkan upaya untuk memecahkan berbagai permasalahan termasuk perubahan iklim.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024