Islamabad (ANTARA) - Bulan suci Ramadan di Peshawar, Pakistan, dimulai pada Selasa (12/3). Umat Muslim pun bersiap untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan dari waktu fajar hingga senja guna mengingat mereka yang kurang beruntung dan menekankan pentingnya untuk selalu bersyukur.

Bulan Ramadan dimulai saat bulan baru terlihat dan berakhir saat bulan baru berikutnya muncul.

Selama bulan Ramadan, umat Muslim tidak makan dan minum apa pun setelah bersantap sahur hingga waktu berbuka puasa, yang biasanya dilewatkan bersama keluarga dan kerabat.

Berikut ini sekilas gambaran suasana saat menjelang berbuka puasa diawal bulan suci Ramadan di Pakistan yang terekam lensa kamera.
Orang-orang menunggu waktu berbuka puasa atau iftar pada hari pertama bulan suci Ramadan di pelataran sebuah masjid yang ada di Peshawar, Pakistan, pada 12 Maret 2024. (Xinhua/Umar Qayyum)
 
Seorang sukarelawan menata hidangan berbuka puasa atau iftar pada hari pertama bulan suci Ramadan di Peshawar, Pakistan, pada 12 Maret 2024. (Xinhua/Umar Qayyum)
 
Orang-orang menunggu waktu berbuka puasa atau iftar pada hari pertama bulan suci Ramadan di pelataran sebuah mesjid yang ada di Peshawar, Pakistan, pada 12 Maret 2024. (Xinhua/Umar Qayyum)
 
Seorang anak laki-laki meneguk air minum untuk membatalkan puasanya pada hari pertama bulan suci Ramadan di salah satu mesjid yang ada di Peshawar, Pakistan, pada 12 Maret 2024. (Xinhua/Umar Qayyum)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024