Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo melaksanakan shalat tarawih pada malam kedua Ramadhan, Selasa (12/3), di Masjid Baitussalam, Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat bersama staf dan masyarakat sekitar.

"Di bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini, Alhamdulillah kita bisa kembali melaksanakan ibadah salat Tarawih," kata Kepala Negara dalam keterangan tertulis yang diunggah melalui instagram Presiden Jokowi @jokowi pada Rabu..

Semalam, Presiden bersama para staf di lingkungan Istana Bogor dan masyarakat sekitar, melaksanakan Shalat Tarawih, Selasa 12 Maret 2024, di Masjid Baitussalam, kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam unggahan foto tersebut, terlihat Presiden Jokowi sedang bersujud dengan memakai kaus lengan panjang berwarna kuning dilengkapi peci hitam.

Presiden Jokowi juga terlihat memakai sarung berwarna hijau dengan aksen garis biru pada foto tersebut.

Pada foto kedua, unggahan foto memperlihatkan Presiden Jokowi berada di shaf paling depan sedang melakukan shalat bersama anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengenakan seragam berwarna merah marun.

Berdasarkan keterangan foto itu, shalat tarawih di Masjid Baitussalam, Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, pada Selasa (12/3) dipimpin oleh Imam Lilik Yulizar, dengan Abdul Rohman bertindak sebagai bilal dan Humamit sebagai muazin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024, setelah diputuskan melalui Sidang Isbat di Gedung Kemenag RI, Jakarta, Minggu (10/3).

"Hasil Sidang Isbat menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat memimpin konferensi pers penetapan sidang Isbat.

Dengan penetapan itu maka pada Senin (11/3) malam umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan Shalat Tarawih.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024