Nanti diatur untuk keberangkatan sesuai dengan tujuan pada hari ke berapa menjelang lebaran atau diberangkatkan langsung pada hari yang sama dengan berbagai tujuan
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur Jawa Barat kembali menyediakan tiket mudik gratis bagi warga dengan tujuan berbagai kecamatan di Cianjur selatan, yang sudah dapat diperoleh satu pekan menjelang hari raya melalui daring atau langsung di dinas terkait.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Rabu mengatakan, tingginya minat warga mudik bersama pada lebaran tahun lalu, membuat pihaknya kembali menggelar mudik gratis dengan tujuan berbagai kecamatan di Cianjur selatan mulai dari Pagelaran hingga Agrabinta.

"Melihat antusiasme warga tahun lalu, membuat pemerintah daerah kembali menggelar mudik gratis dengan tujuan selatan, di mana kursi yang disediakan kemungkinan lebih dari tahun sebelumnya sekitar 500 kursi," katanya.

Saat ini, untuk pelaksanaan pihaknya sudah meminta pihak Dinas Perhubungan Cianjur untuk berkoordinasi dengan dinas terkait lainnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk jumlah kendaraan dan jadwal keberangkatan yang kemungkinan tidak bersamaan.

Karena, kata Herman, banyak masukan dari warga yang terlambat libur lebaran tidak mendapat kendaraan saat hari H, atau satu hari setelah lebaran, sehingga sejumlah antisipasi akan diberikan guna memudahkan warga Cianjur untuk menikmati libur hari raya secara gratis.

"Nanti diatur untuk keberangkatan sesuai dengan tujuan pada hari ke berapa menjelang lebaran atau diberangkatkan langsung pada hari yang sama dengan berbagai tujuan. Saat ini masih dirapatkan, kemungkinan mulai besok sudah diumumkan ke media terkait persyaratan dan lain-lain," katanya.

Seperti lebaran tahun sebelumnya, Pemkab Cianjur menyediakan sekitar 300 kursi untuk pemudik dengan tujuan berbagai kecamatan di selatan, seperti Warung Awi, Pagermaneuh, Tanggeung, Sindangbarang, Jayanti-Cidaun, Ciogong, Kadupandak, Ciburang, Agrabinta, Leles, Cijampang Cijati, dan Cisokan.

Pemudik diangkut menggunakan 19 bus jenis elf dengan satu kali pemberangkatan secara serentak tiga hari menjelang lebaran, di mana Bupati Cianjur Herman Suherman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melepas pemudik dari Terminal Pasirhayam.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024