Kami berharap seluruh penghargaan yang diraih Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ini mampu membawa nama harum Indonesia
Palembang, Sumsel (ANTARA) - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang meraih empat penghargaan Airport Council International (ACI) Airport Service Quality Awards 2023.

Executive General Bandara SMB II Palembang Iwan Winaya, dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Sumsel, Rabu, mengatakan keempat penghargaan itu adalah World Director General’s Roll of Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific, dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific. Pengumuman peraih penghargaan itu dilakukan ACI pada 10 Maret 2024.

"Alhamdulillah, tahun ini kami mendapatkan empat penghargaan sebelumnya di tahun 2022 kami hanya mendapatkan satu penghargaan yaitu Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, dan yang spesial buat kami di tahun ini mendapatkan penghargaan ACI World Director General's Roll of Excellece yaitu penghargaan yang hanya diberikan kepada bandara yang telah meraih beragam ACI ASQ Award selama 5 tahun dalam periode 10 tahun program ini," katanya.

Adapun tiga penghargaan lainnya yaitu Best Airport of 2 to 5 million, lalu Easiest Airport Journey dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific merupakan apresiasi dari penumpang pesawat atas pengalaman terbaik, yang mereka rasakan saat melakukan perjalanan.

"Kami berharap seluruh penghargaan yang diraih Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ini mampu membawa nama harum Indonesia dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Palembang," kata Iwan.

Sementara itu, Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura (AP) II Cin Asmoro mengatakan sebanyak tiga bandara AP II yang meraih penghargaan ACI Airport Service Quality Awards 2023 adalah Bandara SMB II (Palembang), Bandara Supadio (Pontianak), dan Bandara Depati Amir (Pangkalpinang) dengan total meraih 10 penghargaan ACI ASQ Awards 2023.

"Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Supadio dan Bandara Depati Amir masing-masing meraih ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori bandara terbaik di Asia Pasifik berdasarkan kapasitas dari masing-masing bandara. Kami sangat bangga atas pencapaian tiga bandara AP II yang meraih ACI ASQ Awards 2023 berdasarkan penilaian para penumpang pesawat," kata dia.

ACI organisasi yang menaungi 1.950 bandara di 185 negara. ACI ASQ Awards merupakan program terdepan di industri aviasi dalam menilai customer experience yang didukung metodologi ketat dan ilmiah.

ASQ memiliki pendekatan survei secara langsung kepada traveler di bandara, yang mana survei tersebut menilai 30 indikator passenger experience.

Baca juga: Bandara Palembang: Jumlah penumpang akan naik 10 persen saat Natal
Baca juga: Bandara SMB II buka kembali rute internasional pasca pandemi
Baca juga: Bandara SMB II Palembang menggelar festival durian lokal

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024