Jakarta (ANTARA) - Mantan direktur olahraga Liverpool, Michael Edwards, kembali menangani The Reds setelah mundur pada 2022, dengan menjadi CEO Fenway Sports Group (FSG), yang merupakan perusahaan pemilik Liverpool.

Menurut Sky Sports pada Rabu, salah satu fungsi Edwards adalah memilih direktur olahraga Liverpool yang kemungkinan akan diisi oleh bekas bos Bournemouth, Richard Hughes.

Salah satu tanggung jawab Hughes sendiri adalah mencari dan mengidentifikasi calon pelatih yang bakal menggantikan Juergen Klopp yang sudah menyatakan akan mundur begitu musim ini selesai.

Baca juga: Guardiola senang jika Alonso tangani Liverpool 

Sejak meninggalkan Liverpool pada 2022, Edwards beberapa kali didekati oleh klub-klub lain, termasuk Manchester United dan Chelsea. Tapi, Edwards menolaknya.

"Tapi Edwards sudah didekati agar kembali ke Anfield dalam peran yang lebih besar dibandingkan sebelumnya dia jalankan," kata Presiden FSG Mike Gordon, yang menurut Sky Sports bakal digantikan Edwards.

Edwards awalnya menolak permintaan para pemilik Liverpool untuk mengawasi Liverpool pasca Jurgen Klopp, tapi pembicaraan tatap muka dengan FSG di Boston akhir pekan lalu telah meluluhkan hatinya untuk kembali menangani Liverpool dalam peran yang lebih luas.

Selain pernah didekati Manchester United dan Chelsea, eksekutif olahraga bertangan dingin itu juga didekati oleh Paris Saint-Germain dan Real Madrid.

Tugas paling menantang Edwards adalah mencari pengganti Juergen Klopp.

Menurut Sky Sports, Xabi Alonso yang tengah dibidik Bayern Muenchen, menjadi kandidat terkuat pengganti Klopp. Alternatif lain adalah pelatih Sporting Lisbon Ruben Amorim.


Baca juga: Legenda Liverpool ingatkan eks klubnya hati-hati cari pengganti Klopp

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024