Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Ketua Komite Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) melantik Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Pelantikan dilakukan di Kantor Kementerian PUPR di Jakarta, Rabu, didampingi oleh anggota Komite Tapera yang terdiri atas Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi.

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan komisioner dan deputi komisioner BP Tapera, yang ditandatangani pada 12 Februari 2024.

Mereka yang dilantik hari ini adalah Heru Pudyo Nugroho sebagai komisioner dan Sugiyarto sebagai deputi komisioner bidang pengerahan dana Tapera.

Kemudian, Doddy Bursman sebagai deputi komisioner bidang pemupukan dana Tapera, Sid Herdi Kusuma sebagai deputi komisioner bidang pemanfaatan dana Tapera, dan Wilson Lie Simatupang sebagai deputi komisioner bidang hukum dan administrasi.

Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho mengatakan bahwa BP Tapera sesuai konsepsi Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat memiliki potensi untuk pengembangan skema bisnis di sektor pembiayaan perumahan.

Salah satunya dengan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kebijakan terkait guna mencapai tujuan menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang untuk pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah dan layak bagi peserta.

Heru mengatakan dalam periode kepemimpinan dia hingga 2029 nanti, langkah awal yang akan dilakukan bersama tim adalah melakukan peninjauan penyempurnaan tata kelola, transformasi proses bisnis yang inovatif dan solutif, pemenuhan target penyaluran, dan peningkatan kapasitas SDM BP Tapera.

“Fokus utama kami adalah penyempurnaan tata kelola yang sesuai dengan prinsip-prinsip good corporate governance … guna mendukung keberlanjutan dan eksistensi BP Tapera dalam ekosistem pembiayaan perumahan,” kata Heru.

Baca juga: BP Tapera dan 31 bank berkolaborasi salurkan KPR Sejahtera FLPP 2024
Baca juga: Menjadikan Tapera nadi pembangunan perumahan
Baca juga: BP Tapera salurkan FLPP 2023 sebanyak 229 ribu rumah bagi MBR

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024