Bahan pokok beras sudah kami pantau, stok aman hingga Hari Raya Idul Fitri.
Koba, Babel, (ANTARA) - Persediaan beras di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih aman hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Bahan pokok beras sudah kami pantau, stok aman hingga Hari Raya Idul Fitri," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, di Koba, Rabu.

Namun, pihaknya terus memantau selama Ramadhan dan menjelang Lebaran untuk memastikan ketersediaan stok serta kondisi harga.

"Kendati persediaan beras aman sampai Lebaran, namun dalam perjalanannya tetap kami pantau dan setiap minggu ada tim yang memantau kondisi harga bahan pokok di pasar," katanya pula.

Apalagi, kata dia, sebagian besar bahan pangan terutama beras didatangkan dari luar provinsi melalui jalur laut.

"Tentu harus kita antisipasi kemungkinan kendala dalam perjalanan, apalagi melalui jalur laut yang sangat tergantung dengan kondisi cuaca," ujarnya lagi.

Menurut dia, ketersediaan bahan pokok harus selalu dipantau untuk menjamin ketahanan pangan warga.

"Permintaan masyarakat saat ini sangat tinggi, maka persediaan bahan pokok harus terjamin. Jangan sampai terjadi kelangkaan yang dapat memicu tingginya harga dan kerawanan pangan," ujar dia pula.

Bupati mengatakan dirinya langsung turun ke pasar memantau kondisi harga dan persediaan bahan pokok selama Ramadhan dan menjelang Lebaran.

"Kami selalu pantau dan saya minta kepada sekretaris daerah dapat melaporkan kepada saya terkait perkembangan harga dan stok bahan pokok di pasar," ujarnya lagi.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024