"Samapta Sabhara Polri lahir 72 tahun lalu. Momentum peringatan hari lahir untuk kembalikan Sabhara Perintis yang sosoknya sangat dekat dalam memberikan perlindungan, pertolongan kepada masyarakat, khususnya pelaksanaan patroli,"
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Fadil Imran mengatakan HUT ke-72 Korsabhara Baharkam Polri menjadi momentum untuk menghidupkan kembali Sabhara Perintis, sosok yang dekat dengan masyarakat memberikan perlindungan dan melaksanakan patroli.
 
"Samapta Sabhara Polri lahir 72 tahun lalu. Momentum peringatan hari lahir untuk kembalikan Sabhara Perintis yang sosoknya sangat dekat dalam memberikan perlindungan, pertolongan kepada masyarakat, khususnya pelaksanaan patroli," kata Fadil usai apel peringatan HUT ke-72 Sabhara di Mako Sabhara, Depok, Jawa Barat, Kamis.
 
Jenderal polisi bintang tiga menjelaskan HUT-72 patroli Presisi diperkuat baik patroli menggunakan roda dua, patroli roda empat, patroli bersepeda dan patroli jalan kaki.
 
Mantan Kapolda Metro Jaya itu menyebut pihaknya terus menggodok patroli Patroli Presisi, terlebih Korsabhara sudah memiliki markas komando (mako) sendiri.
 
"Momentum HUT Sabhara Polri akan kami jadikan sebagai titik awal kembali menghidupkan, memperkuat, memodernisasi mendigitalisasi patroli, Itu sudah saya contohkan di Makasar," katanya.
 
Dia mencontohkan Shelter Patroli Perintis Presisi Ditsamapta Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).
 
Shelter Patroli ini untuk mengantisipasi tindakan kejahatan serta mencegah tindak kriminalitas, seperti mengantisipasi balap liar, begal dan kejahatan jalanan.
 
Shelter Patroli Presisi ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang checklist peralatan, ruang penyelesaian permasalahan, ruang pemeriksaan kesehatan, ruang CCTV, ruang rapat, ruang polwan, serta ruang pemeriksaan kendaraan.
 
"Rencana ke depan tidak ada lagi patroli yang diparkir di polsek, yang kemudian manajemen patrolinya, perawatannya, kemudian operasionalnya tidak maksimal," ujar Fadil
 
Selain itu, kata Fadil, Baharkam Polri akan membuat shelter patroli, diharapkan pelaksanaan patroli Sabhara dimulai dari shelter patroli.
 
"Sehingga semua mobil patroli, berangkat patroli, kembali patroli, dari sebuah pool patroli, di sana manajemen patroli akan dikuatkan, perlengkapan-perlengkapan akan dioptimalkan, kemudian kontrol lapangan juga akan dioptimalkan," katanya menerangkan.
 
Fadil juga mengatakan akan menguatkan fungsi Sabhara dalam pengamanan objek vital melalui program unggulan.
 
"Ada program unggulan bagaimana mengamankan objek vital dengan sistem manajemen pengamanan," katanya.
 
Penguatan fungsi tugas juga dilakukan pada Polisi Satwa yang selama ini digunakan saat melakukan pelacakan tindak pidana, ke depan dihadirkan dalam setiap patroli bersama.
 
"Termasuk kegiatan masyarakat kami hadirkan seperti acara car free day, pasukan berkuda juga kami hadirkan," kata Fadil.
 
 
 
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024