Kapuas Hulu (ANTARA) - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kastono menganjurkan umat Muslim yang berpuasa pada bulan Ramadhan tetap mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari sehingga kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

"Kurang lebih 12 jam selama berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, sehingga saat berbuka puasa dan sahur kita harus banyak minum air putih dengan rumus 242," kata Kastono, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Ia menjelaskan minum air putih dengan pola 242 mudah dilakukan yaitu minum air putih pada saat berbuka puasa sebanyak dua gelas, malam hari sebanyak empat gelas, dan saat sahur sebanyak dua gelas.

"Sebaiknya jangan mengkonsumsi air dingin saat berbuka puasa," katanya.

Baca juga: Dinkes Tangerang minta masyarakat tetap olahraga ringan meski berpuasa

Selain itu, asupan makan selama berpuasa juga mesti mencukupi nutrisi dalam tubuh agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit saat melaksanakan ibadah puasa.

"Selain kebutuhan cairan tubuh juga perlu nutrisi makan yang sehat seperti buah-buahan segar dan berserat," ucapnya.

Menurut dia, kesehatan juga patut dijaga pada bulan Ramadhan agar segala aktivitas keseharian serta dalam beribadah tetap lancar dengan tubuh yang sehat.

Ia menuturkan pola hidup bersih dan sehat Nabi Muhammad SAW sebetulnya juga bisa menjadi panutan umat Muslim saat melaksanakan ibadah puasa.

Baca juga: Tips jaga pola makan sehat selama Ramadhan

Dengan menjaga kebersihan baik pada diri maupun lingkungan sekitar, kata dia, dapat meminimalkan risiko penularan penyakit dan penyebaran bakteri dan virus terutama pada makanan.

"Orang-orang yang menerapkan pola makan yang sehat cenderung memiliki daya tahan dan imunitas yang tinggi, sehingga dapat meminimalisir penyebaran penyakit," kata Kastono.

Ia menyebutkan ada beberapa pola makan yang dianjurkan selama bulan Ramadhan yaitu sahur sebaiknya dilakukan pada akhir waktu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi serta madu atau buah kurma yang juga dianjurkan saat berpuasa.

"Konsumsi buah-buahan dan makanan yang mengandung banyak kuah dan air agar benar-benar terserap ke dalam sel, sehingga tubuh tidak mudah lemas," ujarnya.

Baca juga: IDI Lampung: Jaga kecukupan cairan tubuh prioritas utama saat puasa

Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan pada waktu sahur dan berbuka. Makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat mempengaruhi daya tahan tubuh dan imunitas untuk mencegah penyakit.

"Berolahraga saat setelah sahur atau sebelum berbuka puasa sebenarnya sangat baik juga untuk tubuh, tetapi perlu diingat kembali terkait kebutuhan cairan dalam tubuh juga harus tercukupi salah satunya konsumsi air putih minimal delapan gelas dalam sehari," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024