Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korlantas Polri dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar rapat koordinasi guna mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di lintas penyeberangan Merak - Bakauheni.

"Kesiapan sarana dan prasarana perlu dipersiapkan dengan baik mengingat kemungkinan volume kendaraan akan meningkat dibandingkan tahun lalu,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Dia menyampaikan pada angkutan Lebaran tahun 2023 V/C ratio atau perbandingan volume dengan kapasitas sebesar 0,57. Tahun ini diharapkan bisa lebih baik karena ada skema penundaan perjalanan dan juga buffer zone.

“Pergerakan orang pada angkutan Lebaran 2024 diprediksi naik sebesar 15 persen mengacu dari realisasi angkutan Lebaran tahun 2023,” ucap Hendro.

Hendro menerangkan pada 3 April 2024 pukul 00.00 WIB sampai dengan 9 April 2024 pukul 24.00 WIB penumpang pejalan kaki, kendaraan golongan IVa sampai golongan VIa akan melalui Pelabuhan Merak.

Sedangkan Pelabuhan Ciwandan akan melayani kendaraan Golongan I, II, II, VIb dan VII. Untuk Pelabuhan BBJ Bojonegara akan berfokus pada kendaraan Golongan VIII dan IX.

Nantinya saat pembelian tiket melalui Ferizy baik angkutan orang ataupun angkutan barang sudah akan tercantum lokasi pemberangkatan dari Pelabuhan Merak, Ciwandan atau BBJ Bojonegara sehingga diharapkan tidak ada kendaraan yang memasuki Pelabuhan yang tidak sesuai peruntukannya.

"Lintas Merak-Bakauheni rencananya akan dioperasikan 55 kapal (ekspres dan reguler), sementara lintas Ciwandan-Bakauheni disiapkan 10 kapal dan BBJ-Muara Pilu akan dilayani lima kapal," ujar Hendro.

Dia menuturkan bahwa direncanakan pada libur lebaran akan ada beberapa pelabuhan perbantuan untuk memecah kepadatan kendaraan, seperti pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, BBJ Bojonegara, BBJ Muara Pilu dan Pelabuhan Indah Kiat (emergency) yang mengarah ke Pulau Sumatera.

Ia meminta agar seluruh jajarannya berkoordinasi dan kolaborasi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di satu titik dan apabila dibutuhkan kapal tambahan segera untuk disiapkan, sebab situasi dan kondisi cuaca saat ini masih pancaroba.

“Di samping itu pada sektor transportasi kereta api yang semula stasiun pemberhentian akhirnya adalah Stasiun Merak dialihkan menjadi ke Stasiun Cilegon. Nantinya akan ada shuttle bus untuk pengguna jasa yang dilayani secara gratis,” kata Hendro.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan pentingnya koordinasi dan kolaborasi untuk pengelolaan angkutan lebaran yang lebih baik di tahun ini, salah satu buktinya adalah dengan penetapan Surat Keputusan Bersama (SKB).

"Kami telah menyiapkan beberapa cara bertindak (CB) untuk mengatur arus lalu lintas yang ke arah Pelabuhan Penyeberangan baik di wilayah Banten atau Lampung. Diharapkan nanti di lapangan semua petugas bisa berkoordinasi dan membantu masyarakat untuk mengarahkan Pelabuhan yang akan dituju sesuai yang tertera pada tiket," paparnya.

Ia menuturkan Korlantas Polri akan melakukan koordinasi di beberapa titik delaying system dan buffer zone yang disediakan oleh PT ASDP, seperti di rest area KM 43 A dan KM 68 A pada ruas Jalan Tol Tangerang-Merak serta lahan PT. Munic Line pada ruas jalan Cikuasa Atas.

Sementara, Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengimbau para pengguna jasa bisa membeli tiket Ferizy jauh-jauh hari atau maksimal di H-1 hari keberangkatan guna mengantisipasi kemacetan. Ia menyampaikan pihaknya pun memberlakukan pembatasan pembelian tiket dengan radius larangan.

"Untuk pembelian tiket Pelabuhan Merak sejauh 4.71 KM dari titik tengah pelabuhan terluar dan pelabuhan Bakauheni sejauh 4.24 KM dari titik tengah pelabuhan terluar," kata Ira.

Ia berharap seluruh pemangku kepentingan dapat membuat skenario simulasi terkait cuaca ekstrem dan juga skenario operasional mengingat kemungkinan adanya peristiwa-peristiwa yang mungkin terjadi.

Baca juga: Kemenhub-Korlantas terbitkan SKB pembatasan angkutan saat Lebaran 2024
Baca juga: Pergerakan masyarakat saat Lebaran 2024 diprediksi 193,6 juta orang
Baca juga: Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor naik kapal laut

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024