Saya rasa banyak potensi di desa, ada wisata, kerajinan tangan dan sumber daya alam yang bisa menjadi sumber pendapatan desa itu sendiri
Kapuas Hulu (ANTARA) - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meminta agar kepala desa (Kades) untuk lebih inovatif dalam mengembangkan potensi di desa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa.

"Saya rasa banyak potensi di desa, ada wisata, kerajinan tangan dan sumber daya alam yang bisa menjadi sumber pendapatan desa itu sendiri," kata Fransiskus Diaan, usai melantik enam Kades pergantian antar waktu, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Fransiskus mengatakan dana desa bisa dimanfaatkan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa salah satunya dengan menggali potensi-potensi yang ada di desa dengan melibatkan masyarakat.

Untuk diketahui, dana desa Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2024 kurang lebih sebesar Rp246,1 miliar untuk 278 desa di 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Ia menyebutkan berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi nomor 7 Tahun 2203 Tentang rincian prioritas penggunaan dana desa, bahwa penggunaan dana desa diprioritaskan untuk mendanai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat agar memberikan manfaat bagi masyarakat desa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia dan penanggulangan kemiskinan.

"Jadi ada prioritas peruntukannya, untuk itu Kades harus lebih inovatif," katanya.

Selain itu, Fransiskus juga mengingatkan agar kepala desa transparan dalam mengelola dana desa serta melibatkan masyarakat

Sebagai pelayanan masyarakat, kepala desa harus bersikap adil dan tidak mementingkan kepentingan pribadi atau pun keluarga dalam urusan di desa.

"Semua ada aturan, jangan risih atas keluhan masyarakat, layani masyarakat dengan baik, tanpa memandang status sosial, profesi atau pun golongan tertentu, semuanya sama harus kita layani dengan baik," kata Fransiskus.

Di sisi lain, kepala desa juga harus dapat selalu berkoordinasi dengan baik dengan camat dan semua pihak terkait agar tidak terjadi penyimpanan dan penyalahgunaan dalam penggunaan dana desa.

"Jika Kades pandai mengembangkan potensi di desa saya yakin dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapat desa," katanya.

Baca juga: Polisi-warga perbatasan RI-Malaysia gotong royong perbaiki jalan rusak

Baca juga: Pemprov Kalbar jelang Ramadhan menggelar pasar murah di Kapuas Hulu

Baca juga: Dinas LH Kapuas Hulu soroti kerusakan lingkungan akibat PETI

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024