Jakarta (ANTARA) - Google Indonesia mengungkap bahwa resep nasi goreng menjadi kata kunci yang paling dicari masyarakat selama tiga bulan terakhir dan memuncak saat Ramadhan.

“Entah kenapa nasi goreng muncul dalam belakangan ini, dan (pencariannya di Google) meningkat sebesar 150 persen, jadi lumayan signifikan dan menjadi fenomena tersendiri karena sesuatu hal yang sederhana tapi masih banyak yang cari resepnya sampai saat ini,” ujar Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan, ditemui di Jakarta, Kamis.

Selain resep nasi goreng, resep nasi gila juga menjadi kata kunci yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.

Baca juga: Google Chrome kemas lebih banyak opsi pencarian di "Search Bar"

Baca juga: Google temani umat Islam jalani Ramadhan dengan fitur bermanfaat


Feliciana menduga, bulan Ramadhan mengambil andil terhadap tingginya pencarian kata kunci tersebut, di mana masyarakat mungkin ingin memasak menu tersebut baik selama sahur maupun berbuka puasa.

Lebih lanjut, Google Indonesia juga mengungkap sejumlah kata kunci terpopuler lain belakangan ini, seperti “dice board game”, olahraga “calisthenics”, “carpet tufting”, “harga alat tufting”, hingga “baju lebaran”.

Informasi mengenai “Game mobile terbaik” hingga “Smartphone gaming murah” juga jadi yang terbanyak diincar oleh masyarakat saat berselancar di pencarian Google.

Sementara itu, dalam seminggu terakhir kata kunci “ceramah singkat Ramadhan dan judulnya”, “Niat puasa ramadhan”, “Puncak Arus Mudik”, “resep buat buka puasa dan sahur”, hingga “poster ramadhan” juga meningkat signifikan.

“Indonesia juga menjadi negara kedua teratas di dunia untuk pencarian kata kunci ‘Idul Fitri’ dan ‘Puasa’, jadi ini bisa dibilang suatu momen yang khas dan identik untuk Indonesia dan paling betul-betul ditunggu sebenarnya untuk perusahaan,” kata Feliciana.

Baca juga: Cara Google temani Ramadhan lewat pemanfaatan fitur

Baca juga: Google Search sediakan laman khusus pencarian diskon

Baca juga: Laporan Google tunjukkan perubahan perilaku masyarakat saat belanja

 

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024