Interior kereta diubah agar mirip dengan kereta eksekutif dengan kamar kecil yang dipasangi toilet duduk. Sementara itu, tempat ibadah disediakan di kereta restorasi
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menargetkan pada 2024 akan memodifikasi 60 kereta ekonomi dengan long seat berhadapan tegak lurus menjadi Kereta Ekonomi New Generation yang lebih nyaman.

"KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta, sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," ujar Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pada 2025, pihaknya akan memodifikasi 52 kereta lainnya.

Ixfan menuturkan bahwa modifikasi tersebut dilakukan oleh tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan, yaitu Balai Yasa Manggarai.

Menurutnya, kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, secara bertahap akan diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan.

Untuk menambah kenyamanan penumpang, jenis kursi yang digunakan diganti dengan tipe captain seat yang bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan agar searah laju KA atau berhadapan dengan tempat duduk lainnya (revolving).

Kereta Ekonomi New Generation hasil modifikasi tersebut juga dilengkapi dengan public information display system (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu saat itu.

Selain itu, interior kereta diubah agar mirip dengan kereta eksekutif dengan kamar kecil yang dipasangi toilet duduk. Sementara itu, tempat ibadah disediakan di kereta restorasi.

"Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience sehingga KAI tetap relevan dengan perkembangan zaman," kata Ixfan.

Pada Kamis ini, KAI mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada KA (106) Gaya Baru Malam Selatan jurusan Stasiun Pasarsenen-Surabaya Gubeng.

Sebelumnya, KAI meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation pada KA Jayabaya jurusan Pasarsenen–Malang pada 26 September 2023.

Baca juga: KAI sesuaikan pola operasi KA menuju Jakarta akibat banjir di Semarang
Baca juga: KAI tingkatkan kenyamanan lewat kereta baru KA Gaya Baru Malam Selatan
Baca juga: DJKA pastikan eskalator Stasiun Manggarai siap layani penumpang

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024