Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua akan berupaya untuk membangun fasilitas bisnis di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mendorong Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) setempat untuk berkolaborasi.

"Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam rapat koordinasi yang di gelar oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan di Jakarta Pusat pada Kamis (14/3)," kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Jumat.

Menurut Pekey, dalam rakor tersebut pemerintah daerah diberi ruang dan kesempatan untuk bisa berkolaborasi dengan dunia usaha untuk dapat membangun fasilitas bisnis, sosial di IKN.

"Kami akan berkomunikasi dengan KADIN Kota Jayapura untuk bagaimana bisa merebut peluang tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan tahun ini upacara peringatan HUT ke-79 RI akan dilaksanakan di IKN sehingga pemerintah daerah diminta untuk berkolaborasi dalam rangka pemerataan informasi terkait perkembangan pembangunan dan pelaksanaan investasi di IKN.

"Apa yang akan dibangun oleh pemerintah daerah bersama dengan dunia usaha harus memberikan prospek ke depan baik ekonomi maupun sosial," katanya lagi.

Dia menambahkan selain itu juga dalam rakor tersebut Otorita IKN memberikan sosialisasi tentang sejauh mana pembangunan yang sudah berlangsung dan infrastruktur yang sementara dibangun di IKN.

Rapat koordinasi dengan tema 'Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua" tersebut dihadiri seluruh bupati dan wali kota seluruh Indonesia.


Baca juga: Bank Papua sebut persiapan menjadi bank devisa sudah 50 persen

Baca juga: Pemkab Jayapura: Ekspor ikan meningkat setiap tahun capai 1.000 ton

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024