Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memprioritaskan revitalisasi Balai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Samarinda, Kalimantan Timur untuk mendukung program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Revitalisasi Balai K3 Samarinda tidak luput dari rencana strategis pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan  untuk bisa menopang kebutuhan K3 dalam proyek pengerjaan pembangunan IKN maka rencana revitalisasi itu akan mencakup dalam beberapa aspek penting.

Aspek tersebut berupa revitalisasi dalam hal peningkatan sarana dan prasarana pengujian K3 dan fasilitas bangunan gedung utama Balai K3 Samarinda.

Menurut dia, revitalisasi juga menyasar peningkatan mutu kemampuan terhadap sumber daya manusia di Balai K3 Samarinda, yang lokasinya berdampingan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menaker menilai banyaknya proyek pembangunan di IKN yang diprakirakan akan berjalan dalam jangka panjang menjadi latar belakang revitalisasi tersebut.

Dia mengatakan Balai K3 Samarinda harus dipersiapkan menjadi garda depan untuk menjamin kelancaran dan keamanan para pekerja yang terlibat dalam proyek pembangunan IKN.

Selain itu, Balai tersebut juga harus mampu menjawab tantangan perluasan jangkauan pengujian K3 dari masif nya pembangunan yang akan berlangsung di Kalimantan Timur seiring adanya IKN nanti.

Baca juga: Kemnaker tingkatkan kompetensi ahli K3 untuk tekan kecelakaan kerja
Baca juga: Menaker dan ILO bertemu bahas realisasi program pekerjaan layak


 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024