sudah kami panggil bersama keluarga korban serta dari Kementerian Luar Negeri agar seluruh hak-hak pelaut dapat segera dipenuhi oleh pemilik kapal
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memfasilitasi pemulangan 3 jenazah Anak Buah Kapal (ABK) MV.2 HESIN yang meninggal karena mengalami kecelakaan kapal terbalik di sebuah pulau di kota pesisir Tongyeong, Korea Selatan, Sabtu (9/3) pagi waktu setempat.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hartanto menuturkan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melalui Kedutaan Besar Korea Selatan secara cepat berkoordinasi untuk mengidentifikasi para korban yang tewas pada insiden tersebut. Tiga jenazah ABK yang telah berhasil dipulangkan adalah Safrudin, Maulana Mansyur dan R. Arie Permana.

“Setelah mendengar kabar tersebut, kami segera melakukan koordinasi dengan Atase Perhubungan KBRI di Korea Selatan dan otoritas berwenang di Korea Selatan, untuk memastikan pemulangan 3 (tiga) jenazah ke tanah air," kata Hartanto dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Ia mengungkapkan Kemenhub, Direktorat Perlindungan WNI (PWNI) Kementerian Luar Negeri dan Perusahaan manning agency pemegang Surat Izin Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal  (SIUPPAK) turut menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian yang terjadi kepada para awak kapal MV.2 HESIN.

Menindaklanjuti hal tersebut, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan siap mengawal dan memfasilitasi pihak ahli waris untuk mendapatkan hak-hak dari pelaut tersebut sesuai dengan yang tertera dalam perjanjian kerja laut.

Baca juga: Kemenhub-Korlantas dan PUPR antisipasi kepadatan arus mudik Lebaran

Baca juga: Kemenhub siap layani mudik gratis di 47 ruas jalur laut se-Indonesia


"Perusahaan manning agency sudah kami panggil bersama keluarga korban serta dari Kementerian Luar Negeri agar seluruh hak-hak pelaut dapat segera dipenuhi oleh pemilik kapal" tambahnya.

Hal ini, lanjut Hartanto, sebagai bentuk nyata komitmen Pemerintah Indonesia dalam melindungi dan memperjuangkan hak-hak para pelaut Indonesia yang bekerja di kapal-kapal internasional.

Jenazah dipulangkan ke tanah air dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (terminal kargo) pada tanggal 16 Maret 2024 pukul 15.30 WIB.

Acara penjemputan jenazah di bandara dihadiri secara langsung oleh perwakilan Duta Besar Korea Selatan, perwakilan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, para perusahaan Manning agency pemegang SIUPPAK, BP2MI, serta pihak keluarga para almarhum.

Baca juga: Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor naik kapal laut

Baca juga: Kemenhub ambil langkah konkrit tingkatkan kualitas layanan pelabuhan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024