Palangka Raya (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng), memfasilitasi puluhan warga kurang mampu dari daerah setempat untuk menjalani operasi katarak gratis yang dipusatkan di Kota Palangka Raya.

"Kegiatan ini dilaksanakan sejak 14 Maret hingga hari ini. Melalui kegiatan ini diharapkan warga yang memiliki permasalahan dengan katarak dapat kembali pulih penglihatannya," kata Ketua PMI Gunung Mas Efrensia LP Umbing saat dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Wanita yang juga menjabat Wakil Bupati Gunung Mas ini berharap melalui operasi tersebut warga yang menderita ketarak dapat melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik lagi.

Baca juga: Sebanyak 200 warga Dompu akan dapat operasi katarak gratis

"Ada 45 warga yang mengikuti operasi katarak gratis ini. Mereka terjaring dari 11 pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas yang ada di Gunung Mas," kata Efensia.

Dalam pelaksanaannya, PMI Gunung Mas juga mendapat dukungan dari sejumlah donatur, antara lain Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun, dan sejumlah pihak lainnya.

Dia menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan operasi katarak gratis, karena manfaatnya sangat dirasakan oleh para penderita.

Baca juga: Warga prasejahtera manfaatkan layanan operasi katarak gratis di Belu

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Waltiana menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan akses pengobatan katarak bagi warga miskin dan rentan yang ada di Gunung Mas.

Dia mengatakan operasi katarak dilakukan di Klinik Mata Isen Mulang Palangka Raya, yang bersedia memberi diskon hingga 50 persen. Selama mengikuti kegiatan, para peserta menginap di salah satu hotel yang telah disiapkan.

“Anggaran pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis ini berasal dari hibah PMI Gunung Mas. Kemudian dari Gapki senilai Rp150 juta dan Bank Kalteng senilai Rp50 juta,” kata Waltiana.

Baca juga: 300 penderita katarak di Indramayu ikuti operasi gratis

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada klinik mata tersebut yang mendukung serta memfasilitasi pelaksanaan operasi katarak bagi warga kurang mampu dengan diskon biaya 50 persen.

Pewarta: Rendhik Andika/Chandra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024