Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Mohammad Adenanta Putra kembali mendapatkan podium pada seri perdana Asia Road Racing Championhip (ARRC) 2024 kelas Supersport 600 (SS600) di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand yang pada race 2, Minggu, diwarnai red flag setelah insiden terjatuhnya tiga pembalap.

Setelah mendapatkan podium ketiga di race 1 Sabtu (16/3), pada race 2 ini, pembalap 19 tahun itu memperbaiki podiumnya dengan menempati podium kedua bersama motor Honda CBR600RR yang semakin mahir ia tunggangi setelah proses adaptasi musim lalu.

Memulai start dari row 4 di posisi ke-11, Adenanta melakukan start bagus untuk kemudian naik ke posisi kelima pada lap kedua, di bawah rekan setimnya di Astra Honda Racing Team Veda Ega Pratama, dua pembalap Malaysia Azroy Hakeem Anuar dan Muhammad Helmi Azman, dan pembalap Thailand Apiwath Wongthananon yang memimpin balapan.

Pada lap ketiga, Adenanta menggeser Veda di posisi keempat dan perlahan tapi pasti, dengan semakin memacu gasnya ia menyalip Azroy dan Helmi untuk mengejar Apiwath di posisi pertama.

Balapan lalu sempat dihentikan pada lap keempat setelah terjadi insiden crash tiga pembalap Azroy, Helmi Aznan, dan pembalap Indonesia Wahyu Nugroho.

Baca juga: Adenanta Putra rebut podium ketiga race 1 seri perdana ARRCSS600

Setelah ketiganya mendapatkan perawatan medis dan dinyatakan baik-baik saja, balapan kembali digelar dengan 5 lap, dengan Adenanta dan Apiwath yang terus bersaing ketat di perebutan posisi pertama.

Adenanta sempat menyalip Apiwath, tetapi sang juara race 1 itu kembali mengambil alih posisi pertama. Hingga balapan berakhir, Apiwath berhasil mempertahankan posisinya untuk mennyempurnakan balapan di negaranya sendiri ini.

Adenanta finis di posisi kedua dan menjadi podium tertingginya di kelas SS600 setelah sebelumnya mengoleksi dua podium posisi ketiga.

Sementara itu, dua rekan satu timnya yang musim ini baru naik kelas dari Asia Production 250 (AP250), Veda dan Rheza Danica Ahrens finis di posisi keenam dan ketujuh.

Dengan ini, Adenanta menutup seri perdana ARRC musim ini dengan menempati posisi kedua di klasemen sementara kelas SS600 dengan 36 poin, terpaut 15 poin dari sang pemimpin Apiwath dengan koleksi poin sempurna 50 poin.

Dua rekannya, Rheza Danica dan Veda Danica berada di posisi ketujuh dan kedelapan klasemen sementara dengan koleksi 19 poin dan 18 poin.

Seri kedua ARRC 2024 akan digelar pada 19-21 April mendatang di Sirkuit Internasional Zhuhai, China.

Baca juga: Herjun Atna juarai race 2 seri perdana ARRC 2024 di Thailand
Baca juga: Andi Gilang finis podium kedua ARRC setelah gagal di tikungan terakhir

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024