'DestinAsian Readers’ Choice Awards merupakan penghargaan yang langsung dipilih oleh para pembaca setia majalah DestinAsian
Jakarta (ANTARA) -
Pulau Dewata kembali dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia dan kali ini memperoleh predikat "The Best Island" dalam DestinAsian Readers’ Choice Awards.
 
“'DestinAsian Readers’ Choice Awards merupakan penghargaan yang langsung dipilih oleh para pembaca setia majalah DestinAsian dan ini menjadi bukti untuk kesekian kalinya bahwa Bali merupakan destinasi unggulan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Minggu.
 
Sandi pun mengapresiasi penghargaan tersebut dan menilai hal ini menunjukkan bahwa Bali masih melekat dalam pikiran (top of mind) wisatawan untuk berwisata di Indonesia.
 
DestinAsian merupakan majalah pariwisata internasional yang terbit pertama kali sejak tahun 2021 yang sebaran dan sirkulasi menjangkau negara-negara Asia Pasifik seperti Singapura, Indonesia, Thailand, Hongkong, Malaysia, Australia dan lainnya.
 
Sandiaga mengungkapkan Bali memang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Berdasarkan kajian Kemenparekraf, Bali memiliki agregat untuk mampu menyumbang 50 persen dari target 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Baca juga: Menparekraf sebut Bali sumbangkan 50 persen target kunjungan wisman

Baca juga: Bali tambah penerbangan rute Tiongkok setelah dinanti setahun
 
"Secara agregat (kunjungan wisatawan) Bali ini menyumbang 50 persen (dari target kunjungan wisman secara nasional). Jadi sekitar tujuh juta," katanya.
 
Sehingga untuk mengakselerasi pencapaian tersebut, Menparekraf Sandiaga akan mengupayakan untuk memperbanyak aksesibilitas ke Bali, di antaranya dengan memperbanyak penerbangan internasional ke Bali dan menghadirkan paket-paket wisata yang unik dan menarik tanpa mengakibatkan kelebihan wisatawan (overtourism). Sehingga pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan bisa tetap terjaga di Bali.
 
Ia juga berharap penghargaan ini mampu menginspirasi destinasi-destinasi wisata lain di Indonesia untuk terus berbenah diri.
 
“Dengan seringnya Bali mendapatkan penghargaan, diharapkan Bali bisa menjadi pengumpan bagi 5 DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) di Indonesia. Ini merupakan prestasi yang patut kita syukuri. Kita berharap ke depan berkembang destinasi lain di Indonesia selain Bali,” tutupnya.

Baca juga: Kemenparekraf harapkan rute New Delhi-Denpasar genjot kunjungan wisman

Baca juga: Kemenparekraf promosikan Bali dan 5 DSP di TITF 2023

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024