Jakarta (ANTARA) - Chelsea secara dramatis lolos ke semifinal Piala FA 2023/24 setelah menyingkirkan Leicester City 4-2 dalam laga perempat final di Stamford Bridge pada Minggu malam WIB.
 
Marc Cucurella mencetak gol pembuka untuk Chelsea, Cole Palmer menambah keunggulan. Leicester bisa menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Axel Disasi dan Stephy Mavididi.
 
The Blues secara dramatis mencetak dua gol di masa injury time. Gol ketiga dicetak oleh Carney Chukwueneka sebelum Noni Madueke mencetak gol penutup.
 
Tim asuhan Mauricio Pochettino kini menyusul Coventry City dan Manchester City yang sudah lebih dahulu lolos ke semifinal.
 
The Blues sudah membuka keunggulan pada menit ke-13 lewat serangan balik. Umpan Nicolas Jackson dituntaskan Marc Cucurella dari sisi kiri, yang menjebol pojok kiri atas gawang Jacub Stolarczyk. Skor menjadi 1-0.
 
Chelsea mendapatkan penalti pada menit ke-24 usai Raheem Sterling dilanggar Abdul Fatawu, tetapi tendangan Sterling masih bisa digagalkan kiper.
 
Tim tuan rumah membayar kegagalan penalti dengan mencetak gol kedua pada masa injury time babak pertama. Sepakan Cole Palmer usai menerima umpan Sterling berakhir ke pojok kiri bawah gawang.
 
Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 Chelsea atas Leicester.

Baca juga: Jadwal Piala FA: City tantang Newcastle hingga Northwest Derby
 
Leicester memangkas ketertinggalan pada menit ke-52 lewat gol bunuh diri Axel Disasi. Disasi coba melakukan backpass, tapi operannya justru mengarah langsung ke gawang tidak bisa dijangkau kiper Robert Sanchez. Kedudukan menjadi 1-2.
 
The Foxes bisa menyamakan menjadi 2-2 pada menit ke-62. Stephy Mavididi menerima bola di kiri dan bergerak ke tengah, ia kemudian melepasan sepakan ke pojok kanan bawah gawang.
 
Chelsea nyaris mendapatkan penalti. Nicolas Jackson meloloskan diri dan tinggal menghadapi kiper, tetapi dijatuhkan Callum Doyle.
 
Mulanya penalti diberikan, tetapi VAR memastikan pelanggaran terjadi persis di luar kotak penalti. Wasit, yang awalnya memberikan kartu kuning, kemudian mengubah keputusannya menjadi kartu merah.
 
Saat babak kedua terlihat akan berakhir dengan skor 2-2, Chelsea berhasil mencetak dua gol dalam kurun waktu enam menit.

Baca juga: Pochettino lega Chelsea lolos ke perempat final Piala FA
 
Gol ketiga dicetak pada menit ke-92. Carney Chukwuemeka kerja sama dengan Palmer, yang lalu menuntaskan Chukwuemeka dengan sepakan melewati kaki kiper Stolarczyk.
 
Gol penutup dicetak pada menit ke-98 lewat Madueke. Ia melewati sejumlah pemain sebelum melepas sepakan kaki kirinya ke pojok kiri atas gawang.
 
Pertandingan berakhir tidak lama kemudian, Chelsea pun berhak mendapatkan tempat di semifinal Piala FA 2023/24.
 
Susunan pemain:
 
Chelsea (4-2-3-1): Sanchez, Chalobah, Disasi, Cucurella (Chilwell 90'), Gusto, Mudryk (Chukwuemeka 78'), Gallagher, Caicedo, Jackson, Sterling (Madueke 86'), Palmer
 
Leicester City (4-3-3): Stolarczyk, Vestergaard, Faes, Doyle, Choudhury, Winks, Dewsbury-Hall, Ndidi (Coady 78'), Daka, Mavididi (Justin 75'), Issahaku (Akgun 63')
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024