Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan kepandaian beradaptasi dan berinovasi sangat dibutuhkan untuk bertahan menghadapi tantangan regional dan global yang dinamis.

Pesan itu disampaikan Wapres Ma'ruf saat hadir secara virtual menyampaikan pidato di Peringatan Dies Natalis ke-68 IPDN diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta, Senin.  

"Tantangan yang dihadapi bangsa dan dunia tidaklah ringan. Dunia berubah sangat cepat, teknologi mutakhir saat ini akan menjadi usang di kemudian hari dan diganti dengan teknologi baru," katanya.   

Wapres Ma'ruf mengatakan masa depan dapat dipersiapkan dengan terus mengasah kepandaian beradaptasi dan berinovasi untuk bertahan dan terus maju, baik bagi diri pribadi, masyarakat maupun negara.  

Hal yang juga tak kalah penting untuk dikembangkan adalah jati diri sebagai bangsa Indonesia yang tidak boleh pudar meski ditempa zaman, kata Ma'ruf menambahkan.  

"Karena hal prinsip itulah yang akan menentukan keberlangsungan NKRI yang kita cintai," ujarnya.

Mengakhiri pidatonya, Wapres mengucapkan selamat atas berbagai capaian IPDN di usianya ke-68 tahun. Ia berharap IPDN menjadi institusi tumpuan dalam melahirkan layanan masyarakat yang andal dan berintegritas.

"Pada kesempatan yang baik ini saya sampaikan apresiasi pada IPDN dan seluruh Pamong Praja IPDN atas persembahan terbaik untuk masyarakat dan negara selama 68 tahun," katanya.

Baca juga: IPDN sebar 1.084 Praja Utama untuk praktik pengabdian di daerahnya

Baca juga: Kemendagri tekankan peran penting pamong praja IPDN


Baca juga: Wapres tepis isu kembalinya dwifungsi ABRI dari PP Manajemen ASN

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024