Luksemburg (ANTARA News) - Uni Eropa (UE) pada Senin, menyeru oposisi Suriah agar datang dan ikut secara aktif dalam Konferensi Jenewa mendatang.

Menurut kesimpulan yang disahkan oleh para menteri luar negeri UE di Luksemburg, organisasi regional tersebut menyambut baik seruan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon bagi konferensi perdamaian di Jenewa sebelum akhir November.

UE mendesak semua pihak dalam konflik tersebut agar menanggapi seruan itu secara positif dan secara terbuka mematuhi "peralihan politik yang dapat dipercaya berdasarkan penerapan penuh Komunike Jenewa".

"UE siap terus terlibat dan mendukung Koalisi dalam upaya ini dan hubungannya dengan masyarakat internasional secara umum," kata kesimpulan tersebut.

Kesimpulan itu menyatakan UE sangat prihatin dengan meningkatnya keterlibatan kaum fanatik dan pelaku luar negeri non-negara dalam pertempuran di Suriah, demikian laporan Xinhua.

Keterlibatan tersebut menambah parah konflik Suriah dan menimbulkan ancaman bagi kestabilan wilayah itu.

"UE menyeru semua pihak terkait agar menghentikan dukungan bagi semua kelompok itu," katanya.

Di dalam kesimpulan tersebut, UE kembali menegaskan komitmennya sebagai donor terbesar untuk menyediakan bantuan, termasuk bantuan kemanusiaan, buat rakyat Suriah dengan dasar berlanjut.

Kini, bantuan itu berjumlah sebanyak dua miliar euro (sebesar 2,7 miliar dolar AS) dan setuju dengan pesan bersama mengenai aspek kemanusiaan dalam krisis Suriah.


(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013