Yang harus dicari adalah sungai yang tidak pernah kering
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta gerakan pompanisasi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dilakukan secara maksimal guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

"Luas lahan kering di sini kan 40 persen. Nah 40 persen disini berapa yang nempel ke Bengawan Solo atau Sungai Berantas harus dilakukan pengecekan dan pasang pompa secara maksimal," kata Amran saat meninjau gerakan tanam padi di Desa Tulungagung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Senin.

Amran dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin, meminta kepala dinas dan juga pihak terkait di daerah Bojonegoro segera melakukan pengecekan terhadap sungai-sungai besar yang tidak pernah surut di saat musim kering. Usai dicek, pemasangan pompa harus segera dimasifkan.

Selanjutnya, kata Amran, air dari sungai-sungai tersebut dialirkan pada lahan-lahan sawah dengan indeks pertanamannya 1 atau maksimal 2 kali dalam setahun sehingga ke depan bisa dinaikkan menjadi 3 sampai 4 kali setahun.

"Yang harus dicari adalah sungai yang tidak pernah kering. Ini boleh. Jadi yang tanam 1 kali cari dan yang tanam 2 kali cari sehingga bisa tanam 3 sampai 4 kali," ujar Amran.

Mentan mengatakan pompanisasi menjadi solusi cepat mengingat saat ini tidak semua daerah diguyur hujan. Artinya, masih ada daerah-daerah kering akibat dilanda fenomena alam El Nino gorila alias musim kering ekstrem yang berujung pada darurat pangan.

Untuk mendukung upaya tersebut, kata Amran, semua pihak harus terlibat baik dari TNI, Polri, Kejaksaan, petani maupun dukungan langsung dari Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) yang memiliki peta wilayah sungai berair dan sawah kering.

"Yang pasti kita harus efisien dan efektif. Bahkan dari BPWS, sudah sepakat ya 200 pompa digunakan dan keluar. Nah bapak ibu sekalian, ini dicek baik baik berapa pompa dibutuhkan untuk menaikkan indeks tanam," katanya.

Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto mendukung penuh upaya kementerian pertanian dalam memaksimalkan pompanisasi pada lahan-lahan kering di Jawa Timur.

Apalagi, kata Adriyanto, Kabupaten Bojonegoro selama ini adalah penghasil beras terbesar ketiga untuk wilayah Jawa Timur, namun pihaknya mempunyai tantangan besar karena jika musim hujan risikonya banjir dan apabila musim kering bisa berkepanjangan hingga delapan bulan.

"Bojonegoro ini daerah terbesar ketiga produksi padi di Jatim. Tapi kami berupaya menjaga produksi maksimal dimana angka pada 2023 mencapai 705 ribu ton. Jadi kami mendukung penuh pompanisasi yang dilakukan," kata Adriyanto.

Dia menyebut luas hamparan sawah di Bojonegoro mencapai 115 hektare dengan rata-rata penggunaan varietas adalah inpari 32 atau indeks pertanaman 200.

Adapun produktivitas di daerah tersebut mencapai 7,5 ton per hektare dengan kadar air 21 persen. Diketahui, rata-rata harga gabah di sana mencapai Rp7.100.

Baca juga: Menteri Pertanian panen padi di lahan banjir Bojonegoro
Baca juga: Pemkab Bojonegoro gelar Gerakan Pangan Murah stabilkan pasokan


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024