Yerusalem (ANTARA) - Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Minggu mengatakan satu-satunya jalan menuju perdamaian antara Israel dengan Palestina adalah "negosiasi solusi dua negara".

“Keamanan abadi bagi generasi masa depan bangsa Israel terletak pada solusi yang dilakukan bersama Palestina, bukan melawan mereka. Ini berarti solusi dua negara yang dinegosiasikan,” kata Scholz pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem.

Mengenai situasi kemanusiaan di Jalur Gaza akibat perang, dia mengatakan "Penduduk Gaza tidak bisa dibiarkan kelaparan."

Sedangkan mengenai pasokan bantuan kemanusiaan, kanselir Jerman itu mengatakan: "Lebih banyak bantuan kemanusiaan dibutuhkan secara terus menerus dan dapat diandalkan.”

Scholz menyerukan reformasi dan penguatan Otoritas Palestina, menyebutkan bahwa baik Jalur Gaza maupun Tepi Barat adalah "milik pemerintah Otoritas Palestina."

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Lebih dari 31.600 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di wilayah kantong tersebut, dan hampir 73.700 lainnya terluka di tengah kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan sebagian besar makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan yang menjamin bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Palestina kecam Israel gunakan kelaparan sebagai senjata di Gaza
Baca juga: Uni Eropa serukan gencatan senjata segera di Gaza

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024