pendaftaran mudik gratis dibuka malai 18 Maret 2024 hingga kuota tersebut habis terbagi
Kendari (ANTARA) - PT Pelayaran Dharma Indah yang merupakan operator kapal cepat menyediakan sebanyak 974 tiket mudik gratis lintas Baubau-Raha dan Baubau-Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala PT Pelayaran Dharma Indah Cabang Baubau, Ishak Muzaid di Baubau, Senin, mengatakan pendaftaran mudik gratis dibuka malai 18 Maret 2024 hingga kuota tersebut habis terbagi.

"Kuota untuk mudik gratis lintas Baubau-Raha pada tanggal 5 dan 7 April 2024 itu masing-masing kapal sebanyak 282 kursi, sedangkan mudik gratis lintas Baubau-Kendari pada 8 April 2024 sebanyak 410 kursi," ujarnya.

Ia mengatakan program mudik gratis tersebut merupakan kerja sama PT Pelayaran Dharma Indah dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan. Kuota mudik gratis itu diberikan dari Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

"Jadi surat dari Kemenhub diberikan langsung ke kantor pusat kami PT Pelayaran Dharma Indah. Kami semua cabang cukup banyak kuota untuk mudik gratis tahun ini," katanya.

Baca juga: Penumpang pelabuhan rute Kendari-Raha meningkat jelang hari H pemilu

Sementara untuk arus balik Lebaran Kendari-Baubau dengan kuota sebanyak 410 kursi dilaksanakan pada 14 April 2024, sedangkan arus balik lintas Raha-Baubau pada 13 dan 25 April 2024 dengan kuota masing-masing sebanyak 282 kursi.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan tiket mudik gratis yakni, KTP asli dan fotokopi 2 rangkap (warna), bagi yang membawa anak wajib membawa kartu keluarga asli dan foto kopi 2 rangkap (warna), tidak bisa diwakili saat pengambilan tiket.

Selain itu tidak boleh diperjualbelikan, penumpang wajib melakukan pendaftaran mulai 18 Maret 2024 dan pada saat pengambilan tiket penumpang wajib dan bersedia untuk difoto.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau, Lianuddin mengatakan sebelum pelaksanaan mudik gratis tersebut pihaknya sudah mengikuti pertemuan melalui aplikasi zoom dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

"Pekan lalu kami dari Kemenhub mengadakan zoom terkait tentang kesiapan penyelenggaraan angkutan laut. Kesiapannya itu dalam hal penyiapan potensi armada tapi dikaitkan dengan mudik gratis. KSOP Baubau mengusulkan agar mudik gratis secepatnya dilakukan, karena seperti tahun-tahun kemarin penumpang sudah pada pesan tiket lebih awal melalui secara daring atau aplikasi," ujarnya.

Ia juga mengatakan informasi mengenai mudik gratis sudah disampaikan kepada perusahaan pelayaran tersebut.

"Dalam menghadapi angkutan lebaran ini, KSOP Baubau selaku regulator mengadakan pemeriksaan kapal, ada beberapa kapal masih menunggu masuk ke Pelabuhan Baubau dan langsung dilakukan uji kelaiklautan," ujar Lianuddin yang juga Kasubag Tata Usaha KSOP Baubau ini.

Baca juga: KSOP Kendari lepas pelayaran perdana KM Sabuk Nusantara 84

Baca juga: KSOP Kendari pantau kesiapan sejumlah pelabuhan menjelang libur Natal

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024