Padahal belum tentu itu menjadi sebuah kebutuhan, ini yang membuat akhirnya berpengaruh pada inflasi
Bengkulu (ANTARA) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta masyarakat bijak membelanjakan gaji dan uang tunjangan hari raya (THR) yang akan diterima sebelum Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 H ini.
 
"Kalau sudah datang suasana Ramadhan dan Idul Fitri, pemicu inflasi itu salah satunya bukan soal barang dan uang saja, juga soal suasana hati dan perasaan, maka belanja bijak itu berpengaruh sekali," kata Rohidin Mersyah di Bengkulu, Senin.
 
Dia mengatakan masyarakat yang membelanjakan uangnya hingga kebablasan saat Ramadhan dan Idul Fitri akan memicu tekanan pada sisi konsumsi dan akhirnya mendorong angka inflasi pada posisi yang lebih tinggi.
 
"(Cerita) kalau di kalangan pegawai itu kadang-kadang ada pemikiran pokoknya uang kalau sudah dapat dibagikan bulan Ramadhan itu kudu habis sebelum atau pas lebaran, jadi berapapun uang diberikan ada THR, bahkan simpanan sedikit-sedikit itu habis semua di lebaran dibelanjakan," kata dia.

Baca juga: BI Bengkulu sediakan uang kartal Rp3,2 triliun untuk Ramadhan-Lebaran

Baca juga: Peredaran daging sapi di Bengkulu pada Ramadhan-Idul Fitri diperketat
 
Padahal, lanjut Rohidin Mersyah, apa yang dibelanjakan tersebut belum tentu menjadi kebutuhan, malah hanya karena keinginan atau nafsu berbelanja sesaat pada Ramadhan dan Idul Fitri.
 
"Padahal belum tentu itu menjadi sebuah kebutuhan, ini yang membuat akhirnya berpengaruh pada inflasi, belanja sudah tidak menghitung-hitung (butuh atau tidak) lagi, maka ajakan saya, mari tetap kedepankan belanja bijak," ucapnya.
 
Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu menyiapkan uang kartal Rp3,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat provinsi itu selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024.
 
Uang kartal yang disediakan Bank Indonesia tersebut bahkan tingkat kecukupannya lebih 160 persen dari kebutuhan daerah selama periode tersebut.
 
"Bank Indonesia sudah mengatakan kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024 ini Rp2 triliun, dan disediakan Rp3,2 triliun. Oleh karena itu masyarakat jangan khawatir dengan persediaan uang kartal, cukup," ujar Rohidin Mersyah.

Baca juga: Penerbangan perintis Bandara Radin Inten-Krui-Bengkulu resmi dibuka

Baca juga: Kemenkeu: Penyaluran TKD di Bengkulu sebesar Rp937,21 miliar

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024